Wednesday, August 24, 2016

on Leave a Comment

Bagaimana posisi tangan yang dianjurkan saat takbiratul Ihram, rukuk dan sujud?

Link : https://web.facebook.com/shadra.hasan/posts/1055539651162607


Salam. Afwan banget ust konfirmasi lagi
1. Bagaimana posisi tangan yang dianjurkan saat takbiratul ihram bagi akhwat dan ikhwan?
2. Bagaimana posisi jemari tangan saat rukuk bagi akhwat dan ikhwan?
3. Bagaimana aposisi jemari saat sujud (dirapatkan ato direnggangkan, disejajarkan kuping atau tidak) bagi akhwat dan ikhwan?
Trims ust Sinar Agama
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Komentar

Liza salam

Yoga Dariswan mau tanya juga. bagaimana tata cara shalat hanya dengan berdiri?. saya sedang penyembuhan cedera punggung, jadi tidak bisa membungkuk (sujud/rukuk)

Sudarmarianto Menunggu...

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya:

1- Yang dianjurkan sembari memulai mengucap takbir, tangannya di angkat dan sembari mengakhiri bacaan takbir, kedua tangannya dihentikan di depan wajah atau di samping kedua telinganya. Dan tapak tangannya dihadapkan ke Kiblat.

2- Posisi tangan saat rukuk bagi lelaki diletakkan di lutut dan jemarinya dihadapkan ke bawah, sementara untuk wanita diletakkan di pahanya dengan posisi jemari sama denga jemari lelaki.

3- Posisi jemari kala sujud bagi lelaki dan wanita sama saja, yaitu rada rapat dan dihadapkan ke Kiblat. Letaknya di samping kedua telinga. Tapi untuk wanita disunnahkan pula meletakkan lengannya ke lantai.

Sinar Agama Yoga Dariswan, :

1- Karena kewajiban shalat itu mesti diurut dari yang paling depan, dan karena setelah niat itu kewajibannya dalah berdiri tegak, maka bediri tegak ini mesti dilakukan. Dan setelah itu kalau ada yang tidak bisa dilakukan dari kewajiban-kewajiban shalatnya, maka diutamakan berdirinya.

2- Ketika bisanya hanya berdiri dan lain-lainnya tidak bisa dilakukan, seperti rukuk dan sujud, maka keduanya bisa dilakukan dengan berdiri.

3- Kalau untuk rukuknya, maka cukup dengan melakukan isyarat dengan sedikit menundukkan kepalanya dan membaca bacaan rukuknya.

4- Kalau untuk sujudnya, maka seperti isyarat rukuk tapi sedikit lebih rendah lagi, sambil meletakkan batu atau alas sujud ke dahinya lalu membaca dzikir sujudnya. Untuk duduk antara dua sujudnya, cukup dengan menegakkan kembali kepalanya sebelum kemudian melanjutkan ke sujud ke dua seperti waktu melakukan sujud pertama.

Raihana Ambar Arifin salam ustd. untuk posisi tangan yang untuk sujud dan rukuk dibatas hukumnya wajib atau sunah. karena selama ini sy ruku jari tidakbkebawah dan sujud tangan tidak dibsebelah telinga. trims

Sinar Agama Raihana Ambar Arifin, kan pertanyaannya adalah posisi yang dianjurkan. Itu tandanya sunnah, bukan wajib. Wajibnya adalah rukuk dengan posisi yang normal dan tangan mau dimana saja boleh, dan wajibnya sujud adalah tapak tangannya dilengketkan ke tanah/lantai. Lain-lainnya merupakan anjuran sunnah.

Andika Salam..




0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.