Friday, August 26, 2016

on Leave a Comment

Apakah ketika junub selain makan dan minum juga makruh misal jalan atau tidur ? Mohon bisa di tukilkan buat saya fatwa rahbar yang membolehkan pakai fikih Imam Khumaini.

Link : https://web.facebook.com/sinaragama/posts/990205184426272


salam ustd. semoga dalam keadaan sehat. maaf mau bertanya.<br>
1. mohon bisa di tetangkan mengenai kitab ahkam muyasaroh, apakah itu kitab fatwa marja atau bkn<br>
2.apakah ketika junub selain makan dan minum huga makruh misal jalan atau tidur.<br>
trims
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya:

1- Ahkaam Muyasssarah yang mana dan karangan siapa?

2- Jalan tidak makruh tapi tidur makruh.


Raihana Ambar Arifin untk no 1 sy kurang tahu pengarangnya siapa. karena sy ikut kajian fikih sama seorang ustd. yang katanya beliau takkid sama rahbar. dan dalam kajian itu beliau menjelaskan fikih debgan rujukan ahkam muyassarah.

Sinar Agama Raihana Ambar Arifin, Nah, tanya dulu fiqihnya itu karangan siapa? Sebab ada juga yang punya Imam Khumaini ra.

Raihana Ambar Arifin oh iya sekalian tanya ustd. kata beliau sy tdk bisa pakai fatwa imam khumaini karena sy blm taklid sm beliau ketika beliau ra hidup. tapi kalau dari catatan ustd sy boleh pakai fikih imam khumaini kalau sy taklid sama rahbar karena rahbar membolehkannya. mohon bisa di tukilkan buat saya fatwa rahbar yang membolehkan pakai dikih imam khumaini dan bisa juga dibindormasikan tukilan itu dari kitab apa. trims

Sinar Agama Raihana Ambar Arifin, yang saya tahu beliau hf mengucapkannya di TV dan semua orang mengetahuinya.

Tidak sampai dua bulan saya juga bertanya ke kantor Rahbar hf, bagaimana kalau taqlid pada Rahbar hf dengan merujuk kepada fatwa Imam Khumaini ra sebagaimana perintah Rahbar hf kala itu. Lalu setelah sekian lama, ketahuan kalau fatwa Imam ra dan Rahbar hf berbeda sangat jauh, misalnya menurut Imam ra suci tapi menurut Rahbar najis, menurut Imam ra shalatnya shahih tapi menurut Rahbar hf batal. Saya bertanya, apakah selain merubah cara amalnya dengan fatwa Rahbar hf sendiri, ada kewajiban lain seperti qadha' dan semacamnya. Dijawab, tidak perlu dan tidak ada kewajiban lain.




0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.