Friday, August 19, 2016

on Leave a Comment

Doa yang di Ajarkan oleh Imam Musa Al-Kazhim (sa), Doa ini adalah doa ‘azhimusy sya’an (kondisi yang agung), syari’ul ijabah, doa yang cepat diijabah oleh Allah swt.

Link : https://web.facebook.com/sinaragama/posts/983974711715986?_rdr

salam ustadz,,,
saya baca di salah satu link, menemukan doa ini,,,,
Imam Musa Al-Kazhim (sa) berkata: “Doa ini adalah doa ‘azhimusy sya’an (kondisi yang agung), syari’ul ijabah, doa yang cepat diijabah oleh Allah swt.” Doanya sebagai berikut:
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang
Sampaikan shalawat kepada Rasulullah dan keluarganya
Ya Allah, sungguh aku mentaati-Mu dalam mencintai sesuatu, karena ia bertauhid pada-Mu; aku tidak bermaksiat pada-Mu dalam membenci sesuatu karena ia ingkar pada-Mu. Maka ampuni daku dalam menyikapi keduanya. Wahai Yang kepada-Nya tempat berlariku, lindungi daku dari segala yang aku mohonkan perlindungannya pada-Mu.
Ya Allah, ampuni daku dalam banyaknya kemaksiatan pada-Mu, terimalah dariku sedikitnya ketaatanku pada-Mu
Wahai Pelindungku yang tanpa permusuhan
Wahai Harapanku dan Sandaranku
Wahai Penjagaku dan Bentengku
Wahai Yang Maha Esa wahai Maha Tunggal
Wahai Qul Huwallâhu Ahad, Allâhush Shamad lam yalid wa lam yûlad wa lam yakul lahu kufuwan ahad.
Aku memohon pada-Mu dengan hak orang-orang yang Kau pilih dari semua makhluk-Mu, dan Engkau tidak menjadikan seorang pun seperti mereka. Sampaikan shalawat kepada Muhammad dan keluarganya, dan perkenankan doaku sebagaimana yang layak bagi-Mu.
Ya Allah, aku memohon pada-Mu dengan keesaan-Mu yang paling agung, dengan cahaya Muhammad, dengan kemulian Ali, dan dengan semua keagungan yang Kau tutupi dari hamba-hamba-Mu, serta dengan nama yang Kau hijabi dari makhluk-Mu, sehingga ia tidak pernah keluar dari-Mu kecuali kembali pada-Mu.
Sampaikan shalawat kepada Muhammad dan keluarganya, karuniakan padaku kebahagiaan dan jalan keluar dalam urusanku, anugrahkan padaku rizki dari arah yang aku duga dan arah yang tidak aku duga. Sesungguhnya Engkau memberi rizki pada orang yang Engkau kehendaki dari arah yang tak terduga.
maksud dari kata ia itu siapa?
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya: Afwan, kata yang mana?

Akuy Junior kata-kata ia,,,
Seperti,,, karena ia bertauhid pada-Mu,,,
aku tidak bermaksiat pada-Mu dalam membenci sesuatu karena ia ingkar pada-Mu,,,
sehingga ia tidak pernah keluar dari-Mu kecuali kembali pada-Mu.
Maksd ia disini siapa?

Sinar Agama Akuy Junior,:

1- Sepertinya terjadi kesalahan terjemah. Kalau boleh saya katakan, maka terjemahannya terlalu jauh dari bahasa Arabnya. Sebelum itu saya nukilkan dulu doa dalam bahasa Arab-nya, yaitu:

اَللّهُمَّ اِنّي اَطَعْتُكَ فِي اَحَبِّ الاَْشْياءِ إليْكَ وَهُوَ التَّوْحيدُ وَلَمْ اَعْصِكَ فِي اَبْغَضِ الاَْشْياءِ اِلَيْكَ وَهُوَ الْكُفْرُ فَاغْفِرْ لي ما بَيْنَهُما يا مَنْ اِلَيْهِ مَفَرّي آمِنّي مِمّا فَزِعْتُ مِنْه اِلَيْكَ، اَللّهُمَّ اغْفِرْ لِيَ الْكَثيرَ مِنْ مَعاصيكَ واقْبَلْ مِنِّي الْيَسيرَ مِنْ طاعَتِكَ يا عُدَّتي دُونَ الْعُدَدِ، وَيا رَجائي وَالْمُعْتَمَدَ، وَيا كَهْفي وَالسَّنَدَ، وَيا واحِدُ يا اَحَدُ، يا قُلْ هُوَ اللهُ اَحَدٌ اَللهُ الصَّمَدُ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُواً اَحَدٌ، اَسْاَلُكَ بِحَقِّ مَنِ اصْطَفَيْتَهُمْ مِنْ خَلْقِكَ وَلَمْ تَجْعَلْ خَلْقِكَ مِثْلَهُمْ اَحَداً اَنْ تُصَلِّيَ عَلى مُحَمَّد وَآلِهِ وَتَفْعَلَ بي ما اَنْتَ اَهْلُهُ، اَللّهُمَّ اِنّي اَسْاَلُكَ بِالْوَحْدانِيَّةِ الْكُبْرى وَالُْمحَمَّدَيَّةِ الْبَيْضاءِ وَالْعَلَوِيَّةِ الْعُلْيا وَبِجَميعِ مَا احْتَجَجْتَ بِهِ عَلى عِبادِكَ وَبِالاِْسْمِ الَّذِي حَجَبْتَهُ عَنْ خَلْقِكَ فَلَمْ يَخْرُجْ مِنْكَ اِلاّ اِلَيْكَ، صَلِّ عَلى مُحَمِّد وَآلِهِ وَاجْعَلْ لي مِنْ اَمْري فَرَجاً ومَخرَجاً وَارْزُقْني مِنْ حَيْثُ اَحْتَسِبُ وَمِنْ حَيْثُ لا اَحْتَسِبُ، اِنَّكَ تَرْزُقُ مَنْ تَشاءُ بِغَيْرِ حِساب . ثمّ سل حاجتك .

2- Kalau boleh saya menerjemahkan, maka sebagai berikut:

"Ya Allah, aku menaatiMu dalam yang paling dicintainya sesuatu di sisiMu, yaitu Tauhid. Dan aku tidak bermaksiat kepadaMu dalam yang paling dibencinya sesuatu di sisiMu, yaitu Kafir. Karena itu, ampunilah aku di antara keduanya wahai yang kepadaNya tempat lariku, amankanlah aku dari apa-apa yang aku takuti terhadapMu. Ya Allah, ampunilah aku dari banyaknya dosa-dosaku kepadaMu, dan terimalah dari sedikitnya taatku padaMu wahai Perantaraku di hadapan perantara-perantara lain, wahai Harapan dan Kepercayaanku, wahai Tempat Berlindung dan Bersandarku, wahai Wahid (Esa dalam Sifat) dan Ahad (Esa dalam Dzat), wahai Yang Berkata: 'Katakannlah bahwa Dia adalah Allah yang Ahad, Allah Maha Kaya (Tidak Bergantung), Tidak Beranak dan Tidak Diperanakkan dan Tidak Ada Satupun Yang MenyerupaiNya. Aku bermohon kepadaMu demi kebenaran siapa-siapa yang telah Engkau pilih dari makhluk-makhlukMu yang tidak Engkau jadikan satupun seperti mereka dari makhluk-makhlukMu, untuk mensejahterakan Muhammad dan keluarganya (Ahlulbait Maksum as), dan melakukan untukku dengan yang layak bagiMu. Ya Allah aku bermohon kepadaMu demi kebenaran keEsaan yang Agung dan keMuhammadiahan yang putih dan keAlian yang tinggi, dan demi seluruh apa-apa yang Engkau jadikan hujjah atas hamba-hambaMu, dan demi Nama-nama yang Engkau tutupi dari semua makhlukMu hingga tidak keluar dari sisiMu dan hanya untukMu, sejahterakan Muhammad dan Ahlulbaitnya, jadikanlah urusanku tercapai dan mudah untukku, berilah aku rejeki dari yang kusangka dan dari yang tidak kusangka-sangka, sesungguhnya Engkau memberi rejeki tanpa sangkaan kepada yang Engkau kehendaki."

Catatan Terjemahan:
Sebagian kalimat hanya berbeda kata dengan terjemahan yang antum nukilkan sedang dalam maksudnya sama saja. Tapi sebagian lain dari terjemahan saya juga berbeda atau bahkan jauh berbeda dari sisi maksudnya.

3- Setelah saya meluruskan terjemahannya pada sebagian kalimat yang memiliki perbedaan dalam maksud dengan terjamahan yang antum nukilkan itu, maka saya kira maksud doanya sudah menjadi jelas hingga tidak perlu lagi adanya pertanyaan. Tapi kalau masih ada yang mau ditanyakan, silahkan ditanyakan lagi.
Lihat Terjemahan

Akuy Junior makasi ustadz





0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.