Tuesday, August 16, 2016

on Leave a Comment

Bagaimana hukum masjid yg berdiri sekian tahun lmnya baru kemudian di ketahui bahwa mesjid itu tdk meng arah tepat ke kiblat?


Link : https://www.facebook.com/sinaragama/posts/983499558430168

Slam ustad..
Bagaimana hukum masjid yg berdiri sekian tahun lmnya baru kemudian di ketahui bahwa mesjid itu tdk meng arah tepat ke kiblat.sehingga...jamaah solatnya mengarah kesudut mesjid sebgai arah tepat ke kiblat.
1.apakah mesjid harus di rombak..?
2.berapa derajat bisa dkatakan mengarah ke kiblat..?
Trimakasih
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya:

1- Tidak boleh (haram dirombak). Tapi wajib mengarah ke Kiblat se tepat mungkin. Karena itu masjidnya tidak boleh dirombak karena wakaf tapi shalatnya wajib mengarah ke Kiblat walau harus shalat miring di masjid tersebut.

2- Kurang lebih 45 derajat

Ali Asytari Lanjut tanya.....

Klw 45 drjat,brarti klw sholat kita mengikuti lurusx masjid/tdk miiring berarti hukumx boleh..klw mesjidx kemiringanx 45 drajat...

Raihana Ambar Arifin salam. di t4 sy ada perimbakan spt itu ustd. bgmana hukum bg orang syiah yang ikut menyumbang untuk perombakan masjid desa seperti itu ustd. trims

Sinar Agama Ali Asytari, tidak boleh atuh kalau sengaja. Wong sudah dijawab di atas dengan jalas kok.

Sinar Agama Raihana Ambar Arifin, masjjid itu tidak wajib menghadap Kiblat, yang wajib itu shalatnya. Memang untuk memudahkan orang berpedoman, jauh lebih bagus kalau masjidnya bisa tepat menghadap kitablatnya. Tapi kewajiban seperti sangat mustahil dilakukan sebelum masa satelit. Jadi, merombak masjidnya tidak boleh tapi shalatnya wajib menghadap sebenar mungkin ke arah Kiblat.

Kalau ikut merombak, saya sendiri yakin, telah melakukan dosa kecuali kalau ada hal lainnya.

Raihana Ambar Arifin salam ust. dasat ketidak bokehan merombakbmasjid apakah karena masjid dari wakaf. mohob bisa dijelaskan tdk boleh karena wakaf. trims

Sinar Agama Raihana Ambar Arifin, benar demikian, yakni karena wakaflah hingga tidak boleh dirusak, dijual dan semacamnya kecuali dalam kondisi tertentu yang tidak termasuk kondisi yang ditanyakan di atas.




0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.