Sunday, May 22, 2016

on Leave a Comment

Dasar keyakinan atas Imamah dan tudingan pembenci syiah

Link : https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=960693580711664&id=207119789401486#


apakah imamah versi Syiah ada di al Quran? Dengar penjelasan mantan ayatulah Syiah, Husein al-Muayyad
YOUTUBE.COM
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih sharingannya. Saya sudah sering menjelaskan bahwa imamah itu ada di Qur an. Kalau ada orang yang mengaku ayatullah atau apa saja, maka itu hal dia dan tidak ada urusannya dengan kita. Perhatikan ayat-ayat berikut:

- QS: 4:39:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الْأَمْرِ مِنْكُمْ

"Wahai orang-orang beriman, taatilah Allah, taatilah Rasul dan pemimpin di antara kalian."

- QS: 5:55:

إِنَّمَا وَلِيُّكُمُ اللَّهُ وَرَسُولُهُ وَالَّذِينَ آمَنُوا الَّذِينَ يُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَيُؤْتُونَ الزَّكَاةَ وَهُمْ رَاكِعُونَ

"Sesungguhnya yang menguasai kalian HANYA Allah, RasuluNya dan orang-orang yang menegakkan shalat dan membayar zakat dalam keadaan ruku'."

- QS: 76:24:

فَاصْبِرْ لِحُكْمِ رَبِّكَ وَلَا تُطِعْ مِنْهُمْ آثِمًا أَوْ كَفُورًا

"Maka sabarlah dengan hukum Tuhanmu dan jangan taati orang-orang yang memiliki dosa (tidak makshum) dan orang-orang yang kafir. "
Lihat Terjemahan

Sinar Agama Sedang yang tidak menerima imamah masuk neraka atau ibadahnya tidak diterima, hal itu kalau dilakukan dengan sengaja. Yakni sudah datang padanya penjelasan yang benar dan jelas tentang imamah itu dan diapun memahami bahwa Islam memang mengajarkan keimanan pada imam 12 orang makshum setelah Nabi saww seperti yang diajarkan di Islam yang diriwayatkan oleh Ahlulbait Nabi saww itu, lalu dia tetap menolak imamah, maka orang seperti ini yang ditolak amal ibadahnya dan juga akan mendapatkan siksa.

Tapi kalau dia tidak sengajar, seperti belum datang padanya penjelasan tentang imamah, atau datang tapi rancu, atau datang dengan jelas tapi dia belum paham, atau datang dengan jelas tapi dia salah paham tanpa sengaja, dan semacamnya, lalu dia tidak beriman pada imam 12 setelah Nabi saww, maka dia jelas masih akan diampuni dan kalau memang di madzhabnya itu termasuk orang yang taqwa, maka jelas akan dimasukkan surga.

Sinar Agama Setelah kita tahu dasar/ushul imamah dalam Qur an seperti yang sudah saya kutip di atas itu, maka sudah jelas terbukti sebagaimana shalat, yakni ada dasarnya dalam Qur an. Tidak seperti yang dibantahkan ulama di vedio itu. Lalu rincian imamah yang seperti rincian shalatnya apakah juga ada? Jawabannya jelas ada. Salah satu dari sekian puluh bentuk haditsnya adalah sebagai berikut:

7222 و 7223 - حَدَّثَنِى مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنَا غُنْدَرٌ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ عَبْدِ الْمَلِكِ سَمِعْتُ جَابِرَ بْنَ سَمُرَةَ قَالَ سَمِعْتُ النَّبِىَّ - صلى الله عليه وسلم - يَقُولُ « يَكُونُ اثْنَا عَشَرَ أَمِيرًا - فَقَالَ كَلِمَةً لَمْ أَسْمَعْهَا فَقَالَ أَبِى إِنَّهُ قَالَ - كُلُّهُمْ مِنْ قُرَيْشٍ »

Nabi saww bersabda:

"Setelah aku ada dua belas (12) imam/amir/pemimpin. Semuanya dari Quraisy." (Shahih Bukhari, hadits ke: 7222 dan 7223).

3393 - حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا جَرِيرٌ عَنْ حُصَيْنٍ عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ قَالَ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ ح و حَدَّثَنَا رِفَاعَةُ بْنُ الْهَيْثَمِ الْوَاسِطِيُّ وَاللَّفْظُ لَهُ حَدَّثَنَا خَالِدٌ يَعْنِي ابْنَ عَبْدِ اللَّهِ الطَّحَّانَ عَنْ حُصَيْنٍ عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ قَالَ
دَخَلْتُ مَعَ أَبِي عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَسَمِعْتُهُ يَقُولُ إِنَّ هَذَا الْأَمْرَ لَا يَنْقَضِي حَتَّى يَمْضِيَ فِيهِمْ اثْنَا عَشَرَ خَلِيفَةً قَالَ ثُمَّ تَكَلَّمَ بِكَلَامٍ خَفِيَ عَلَيَّ قَالَ فَقُلْتُ لِأَبِي مَا قَالَ قَالَ كُلُّهُمْ مِنْ قُرَيْشٍ

Nabi saww bersabda:

"Setelah aku ada dua belas (12) khalifah (pengganti Nabi saww). Semuanya dari Qurasy." (Shahih Muslim, hadits ke: 3393).

3394 - حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي عُمَرَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ عُمَيْرٍ عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ قَالَ
سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لَا يَزَالُ أَمْرُ النَّاسِ مَاضِيًا مَا وَلِيَهُمْ اثْنَا عَشَرَ رَجُلًا ثُمَّ تَكَلَّمَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِكَلِمَةٍ خَفِيَتْ عَلَيَّ فَسَأَلْتُ أَبِي مَاذَا قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ كُلُّهُمْ مِنْ قُرَيْشٍ

Nabi saww besabda:

"Urusan umat ini akan tetap berjaya selama diwilayahi (dikuasai) oleh dua belas (12) orang yang semuanya dari Quraisy." (Shahih Muslim, hadits ke: 3394).
Lihat Terjemahan

Sinar Agama Anjuran: Kalau mau belajar jangan lewat vedio yang sudah dipotong-potong, karena jelas tidak akan ilmiah. Sebab kita tahu apa yang dikatakan sebelumnya, setelahnya dan kesimpulan ceramahnya.

Andika Allahumma sholli ala Muhammad wa Aali Muhammad..

0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.