Friday, May 27, 2016

on Leave a Comment

Adakah hadits2 yg menunjukan tips hidup sehat (sehat fisik misalnya) ala nabi/islam...? Misalnya tata cara makan....jenis makanan yg baik untuk tubuh...dll.

Link : https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=934752306638227&id=207119789401486


Salam ustad......
Smoga ustad ttp sehat2 selalu dan bisa terus menjawab tanyaan2 tman2 fb.dan semoga ustad dlm cahaya Allah dan AB sehingga cahaya itu bisa menyinari kami semua....amiin.
Pertanyaan:
Adakah hadits2 yg menunjukan tips hidup sehat (sehat fisik misalnya) ala nabi/islam...?
Misalnya tata cara makan....jenis makanan yg baik untuk tubuh...dll.
Trimakasih sebelumya ustad....
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya:

1- Tentu saja ada sampai-sampai ada juga kitab yang hanya menulis tentang kesehatan yang datang dari Nabi saww dan Ahlulbait as yang diberi nama Thibbu al-Aimmah (Pengobatan Para Imam as). Dan Nabi saww sudah tentu paling afdhalnya para Imam as sejak dari jaman nabi Adam as sampai Imam Mahdi as.

2- Tentu saja pemahaman hadit-hadits itu sangat sulit sebab sering pengobatan dan anjuran Imam as itu, disesuaikan dengan kondisi orang yang dinasihati kesehatannya. Kalau dalam istilah ilmu Ushulfiqih, dikatakan Qadhiyyah Khaarijiyyah, yakni Proposisi Luar/nyata. Artinya, bukan Proposisi Universal yang bisa diterapkan kepada semua orang.

3- Tentu saja, para nabi, rasul dan imam itu dikirimkan Tuhan bukan untuk menjadi dokter badan, melainkan dokter ruh yang menjadi tempat akal dan perasaan agar akalnya benar memahami dan memerintah serta agar perasaannya taat pada akalnya hingga terletakkan di tempat yang benar.

4- Akan tetapi, karena Tuhan itu Maha Hakim/Hikmah, tentu saja tidak mungkin ajaranNya itu memiliki mudharat. Tapi secara umumnya. Karena itu, hampi bisa dikatakan bahwa seluruh perintahNya memiliki kabaikan dunia juga di samping ukhrawi dan ruhani yang memang merupakan tujuan aslinya agama.

5- Saya katakan secara umum memiliki manfaat dunia sebab ada ajaran agama yang merugikan secara lahiriah seperti jihad yang merugikan harta dan kesehatan serta nyawa. Akan tetapi hal itu tentu karena keterpaksaan demi mencegah keburukan dan kerugian materi dan non materi yang lebih besar. Karena itu, jihad dan perjuangan itu bisa dikatakan kerugian lebih kecil demi mencapai kebaikan yang jauh lebih banyak.

7- Salah satu anjuran sehat yang umum dibincangkan para ustadz dikala mengingat anjuran hidup sehat para Makshumin as adalah seperti:

a- Makan:

- Tidak makan kecuali lapar.

- Tidak makan sampai kenyang (tapi bukan setengah kenyang, melainkan menjelang kenyang asal tidak mengkonsekuensikan mubadzdzir seperti membuang makanan yang sudah diambil ke piring lantaran ingin melakukan sunnah makan tidak sampai kenyang betul).

- Kalau makan banyak lemah hewani dilarang banyak minum.

- Makan buah yang bisa dimakan dengan kulitnya dengan tidak dikupas.

- Makan ini makan itu, tidak makan ini dan tidak makan itu. yang banyak sekali haditsnya.

b- Tidur:

- Tidak tidur pagi setelah adzan Shubuh sampai matahari terbit.

- Tidur sedikit menjelang Zhuhur.

- Tidur awal waktu dan bangun tengah malam atau sebelum adzan Shubuh.

- Tidur menghadap Kiblat.

- Tidak tidak tidur malam dalam keadaan perut kenyang.

- Kalau habis makan malam dianjurkan jalan dulu sebelum tidur walau 40 langkah.

...............dst.
SukaBalas11 Mei pukul 9:36

Bembong Asytari Trims banget ustad atas info dan penjelasannya.

0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.