Wednesday, May 18, 2016

on Leave a Comment

Apabila mushalli terkeliru atau terlupa mengucapkan dzikir-dzikir shalat, ayat-ayat al-Quran atau doa-doa qunut dengan ucapan yang salah, tidak ada kewajiban untuk melakukan sujud sahwi.

Link : https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=924984580948333&id=207119789401486


Salam. Ustadz mau tanya.
Istiftaat Rahbar :
Apabila mushalli secara sengaja mengucapkan dzikir-dzikir shalat, ayat-ayat al-Quran atau doa-doa qunut dengan ucapan yang salah, tidak ada kewajiban untuk melakukan sujud sahwi. (Ajwibah al-Istifta'at, no. 523)
1. Apakah yang dimaksud salah bacaan shg tidak perlu sujud sahwi ?
2. Kalau berarti salah bacaan, apakah berarti kalau seharusnya baca tasyahud awal tapi lupa jadi baca fatihah dan sadar setelah masuk ke kewajiban berikutnya seperti ruku, berarti tidak wajib sujud sahwi setelah salam ?
Syukron.
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Komentar

Orlando Banderas 3. Tolong sebutkan contoh-contoh kesalahan yang dimaksud di fatwa di atas ?

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya: Sepertinya terjemahan yang antum nukil itu kurang benar. Yang benar adalah:

Istiftaat Rahbar :
Apabila mushalli terkeliru atau terlupa mengucapkan dzikir-dzikir shalat, ayat-ayat al-Quran atau doa-doa qunut dengan ucapan yang salah, tidak ada kewajiban untuk melakukan sujud sahwi. (Ajwibah al-Istifta'at, no. 523)

Keterangan fatwa: Keliru yang dimaksud di sini adalah keliru yang kalau disadari mesti diperbaiki. Bukan berarti dibiarkan saja. Jadi, fatwa ini hanya ingin menerangkan tidak wajibnya sujud sahwi pada kekeliruan bacaan dzikir, ayat dan doa. Itu saja, bukan tidak wajib membenahinya.

Sinar Agama Afwan pertanyaan antum ini terluputkan. Saya melihat pertanyaan antum pada hari ini karena saya sedang ingin mendata dan save ke komputer tentang semua tanya jawab di facebook ini sebagaimana biasa kalau tidak ada gangguan internet dan semacamnya.

Orlando Banderas Syukron Ustadz. Jazakallah khoiron katsiro

0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.