Saturday, April 9, 2016

on Leave a Comment

Tentang SHOLAT, 1. Apabila ketika sholat gatal terus digaruk apakah bacaan sholat stop dulu? 2. Rakaat pertama niat mau baca Al qhodar tetapi lupa terus baca surat al Ikhlas apakah sholatnya batal 3. Bagi laki2 dalam sholat siang lupa membaca surat alfatiha secara pelan apakah sholatnya syah?

Link : https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=905387879574670&id=207119789401486


Salam ust. Semoga selalu di anugrahi kesehatan. Maaf mau bertanya
1.Apabila ketika shalat ada yang gatal terus garuk garuk, apakah bacaan shalat harus di paus/stop dahulu?
2.Sebelum shalat sudah niat rakaat pertama membaca surat al qadr,Ketika shalat mau membaca surat sudah basmalah,lalu kelupaan membaca al ikhlas tapi baru ayat pertama, lalu diulang lagi baca basmalah dan surat al qadr, apakah sah salatnya?
3.Bagi lakilaki ketika salat siang,karena kelupaan membaca alfatihah dengan keras sampai ayat pertama/kedua, abis itu ayat ketiga baru suara pelan, apakah sah?
Trims
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaanya:

1- Tidak perlu dihentikan kalau tidak merubah posisinya. Misalnya menggaruk leher, tangan, dada, perut dan semacamnya. Tapi kalau merubah seperti menjongkok, misalnya menggaruk betis, maka bacaannya mesti dihentikan dan nanti setelah selesai menggaruk diulang satu ayat terakhir dari yang sudah dibaca sebelumnya.

2- Membaca surat Ikhlash tidak boleh dirubah ke surat lainnya walau membacanya baru satu ayat. Karena itu, kalau mengira boleh, maka bisa dihukumi tidak tahu yang tidak dipersalahkan (bukan muqashshir) hingga shalatnya bisa dihukumi syah/sah karena kesalahannya bukan pada rukun shalatnya. Tapi mengulanginya adalah lebih hati-hati.

3- Syah/sah.

0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.