Monday, April 25, 2016

on Leave a Comment

Penyebab gila, Apakah orang kesurupan lama wajib menkhodo sholatnya?, Apakah orang gila setelah meninggal akan masuk syurga?


Link : https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=911137745666350&id=207119789401486
salam ustad,mau bertanya
1..) apakah orang yang kesurupan lebih dari 1 hari(misalnya seminggu bahkan smpai berbulan"), setelah sembuh bgaimana dlam mslah mengganti ibadah"nya, khususnya sholat apakah tetap ada keharus di p qodho ?jika tetap wajib,
2)bgamana dengan orang yg terkena musibah(ashab) yg mati tetap dalam keadaan gangguan jiwa .apakah mereka akan masuk surga/neraka ,apakah amal"nya dihitung/dihisab dari sebèlum mengalami gangguan jiwa
trimksih ustad wassalam
gphpg\
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya:

1- Kalau maksud kesurupan itu adalah sampai hilang akal, maka tidak wajib qadhaa'.

2- Benar, yang dihitung adalah sebelum gilanya atau hilang akalnya. Dan begitu pula tentang sebab-sebab hilang akalnya. Sebab bisa saja hilang akal tersebut lantaran kesalahan sendiri atau dibuat orang seperti sihir. Kalau dibuat orang maka bisa mendapatkan kebaikan seperti pengampunan dosa dan semacamnya.

Rahim Al Muhamadi Bentuk hilang akal pda yg kesurupan itu seperti apa ustad? Lalu hilang akal yg disebabkan diri sendiri ,contoh perbuatan nya seperti apa ?

Sinar Agama Rahim Al Muhamadi,:

a- He he...kan antum yang bertanya tentang hukum orang kesurupan, kok sekarang bertanya kesurupan itu seperti apa? Btw, kesurupan itu bermacam kondisi. Pokoknya kalau masih bisa mengerti dan menguasai diri tapi menghanyut-hanyutkan diri, maka bisa tidak termasuk yang sampai hilang akal. Tapi kalau memang sudah hilang kesadaran akalnya sama sekali, maka bisa masuk ke dalam hukum orang tak berakal alias gila walau hanya dalam beberapa waktu.

b- Hilang akal karena diri sendiri seperti minum bir sampai mabok. Atau juga bisa (tidka pasti seratus persen) dikatakan ada unsur kesengajaan manakala sangat menyintai dunia (seperti jabatan, kekasih, anak dan semacamnya) lalu ketika kehilangan mereka teramat sedih dan stres hingga betul-betul menjagi gila.

Rahim Al Muhamadi Terima ksih ustad ,penjelasan nya gamblang skali
wassalam

0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.