Monday, March 21, 2016

on Leave a Comment

Mohon penjelasannya tentang bagaimana sifat nabi terhadap istrinya.?

Link : https://www.facebook.com/sang.pecinta.90/posts/958604874189419


Assalamualaikum ustat. mohon penjelasannya tentang bagaimana sifat nabi terhadap istrinya.
Trims ust Sinar Agama
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaanya: Yang tahu pasti hanyalah makshumin as seperti Ahlulbait yang makshum as. Namun demikian, kita boleh merabanya dari berbagai ayat dan riwayat serta sejarah Nabi saww. Yang bisa saya rabakan adalah:

1- Nabi saww selalu menjaga Istri-istri beliau saww agar jangan sampai melakukan maksiat dengan pengajaran lisan dan amal perbuatan sehari-hari.

2- Kalau bermaksiat maka ditegur dengan tegas.

3- Kadang Nabi saww menegurnya dengan pisah rumah sampai sebulanan atau lebih.

4- Tetap memilih Allah swt ketimbang istri-istri beliau saww. Yakni kalau para istri memilih maksiat atau dunia, maka beliau saww memilih Allah swt sekalipun harus pisah atau cerai.

5- Kalau istri beliau saww sedang bersedih secara wajar dan tidak dalam maksiat, maka beliau saww ikut bersimpati dan membesarkan harapan dan hati mereka.

6- Selama masih ada jalan dan dibolehkan Tuhan, maka beliau saww memilih mengalah asal tidak menghadapi maksiat. Sebab beliau saww tidak pernah dan tidak boleh mengalah pada maksiat.

7- Selalu bersikap baik kepada istri-istri beliau saww. Baik di sini adalah sesuai dengan hukum Islam yang merupakan rahmat, bukan bencana seperti yang dibayangkan sebagian orang yang ketakutan kalau kita berprinsip hidup dengan prinsip Islam.

8- Selalu mengajak istri-istri beliau saww pada jalan Tuhan dan melebihpentingkan akhirat. Jadi, beliau saww tidak menuruti istri-istrinya kalau memilih dunia dan kesenangan dunia sekalipun halal. Karena itu kesederhanaan hidup selalu terlihat dalam kehidupan beliau saww dan keluarga beliau saww.

9- Mendamaikan pertikaian istri-istri beliau saww dengan tegas tanpa basa basi. Yang benar langsung didukung dan yang salah langsung dipersalahkan. Tapi beliau saww tidak menggunakan umpatan, melainkan nasihat yang tegas saja.

10- Tidak memanjakan istri-istri beliau saww untuk urusan dunia. Namun demikian, beliau saww selalu bersikap adil secara Islam kepada mereka semua. Yakni menempatkan semuanya pada tempatnya masing-masing dan begitu pula adil dalam pembagian waktunya. Wassalam.
Lihat Terjemahan

Andika Allahumma sholli ala Muhammad wa Aali Muhammad...

Khommar Rudin
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِ مُحَمَّدٍ وعَجِّلْ فَرَجَهُمْ
Lihat Terjemahan

0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.