Friday, March 25, 2016

on Leave a Comment

Apa itu TABARRUK? Apakh klw kita sakit mislx,lalu membacakan surat yasin agar sembuh dari sakit,itu di bolehkan,dan apakah itu yg dimaksud tabarruk...?

Link : https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=893961777383947&id=207119789401486


Salam ustad.....
Tanya:
1.Apa itu tabarruk....?
2.Apakh klw kita sakit mislx,lalu membacakan surat yasin agar sembuh dari sakit,itu di bolehkan,dan apakah itu yg dimaksud tabarruk...?
Trims sebelumnya ustadz......
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya:

1- Tabarruk adalah mengambil berkah. Berkah ada barakah. Barakah adalah ridha Tuhan. Ridha Tuhan bisa berbagai bentuknya. Suatu hari Nabi saww sendiri bertabarruk dengan mencium tangan petani/pekerja yang tangannyasampai kapalan.

Mengambil berkah dari makhluk yang disayang dan diridhai Tuhan, bukan pada hakikatnya dan memang niatnya adalah mengambil berkah yang diberikan Tuhan dalam bentuk ridhaNya itu. Jadi, kalau Nabi saww mencium tangan pekerja atau Hajar Aswad, bukan berarti berkah beliau akan bertambah dari mereka, tapi akan bertambah dari barakah Allah yang disalurkan lewat makhluk yang disayangiNya.

Contoh lain tabarruk seperti baju yang dikirim nabi Yusuf as untuk menyembuhkan mata ayahanda beliau as yaitu nabi Ya'quub as.

Atau para mukminin yang membangun masjid di goa tempat terkuburnya pada wali yang hidup kembali dari tidur mereka yang lebih dari tiga ratus tahun itu.

Beda dengan Wahabi yang melarang membangun kuburan wali. Kalau tidak takut mati, mereka sudah menghancurkan makam Nabi saww sebagaimana sudah menghancurkan ratusan kuburan shahabat besar.

Untung bukan Syi'ah. Kalau Syi'ah maka sudah dijadikan penguat tuduhan pengkafiran shahabat yang ditimpakan pada orang Syi'ah. Tapi kalau Wahabi, maka umat Sunni juga sudah tidak berani atau kurang berani. Sebab takut tidak dibantu atau tidak dibolehkan pergi haji. Artinya tidak berani protes keras lantaran WAhabi telah menghancurkan ratusan kuburan shahabat besar selama ini.

2- Benar, dibolehkan dan termasuk tabarruk. Begitu pula bisa masuk dalam tawassul yang juga sama-sama dibolehkan.


Bembong Asytari Trims banget pencerahanx ustad.
Dan doakan aku yg lagi sakit ustad. Agar cepat sembuh dan bisa bekerja dlm mencari nafkah buat keluarga.


Sinar Agama Semoga cepat sembuh dengan penuh berkah dan kesyukuran, amin.

0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.