Monday, March 28, 2016

on Leave a Comment

Apakah ada fungsinya berwudhu dalam kondisi haid?


Link : https://www.facebook.com/sang.pecinta.90/posts/966959523353954

Salam.
Apakah ada fungsinya berwudhu dalam kondisi haid?
Trims ust Sinar Agama
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
24 komentar
Komentar

Andika Salam..

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya: Yang tahu fungsi filsafatnya secara hakiki adalah Allah. Kalau fungsi syari'atnya adalah bahwa wudhu' itu bisa menjadikan yang berwudhu' bisa melakukan ibadah sunnah yang dianjurkan agama seperti dzikir dan berdoa di setiap waktu shalat. Mirip dengan orang junub yang makruh kalau makan dan minum sebelum mandi besar kecuali kalau berwudhu' dulu.

Kalau hikmah filsafatnya jelas ada seperti memutihkan wajah lahir batinnya, mensucikan dosa-dosanya, mendatangkan pahala dan kebahagiaan dunia-akhirat, dan semacamnya.

Perlu diketahui bahwa wudhu' dan mandi besar itu tidak selalu seiringan, kecuali hanya dalam junub (jimak, keluar mani, orgazme dan semacamnya). Karena itulah, bagi yang sudah mandi besar karena haidh, nifas, istihadhah dan mandi besar sunnah, tetap diwajibkan wudhu'.

Khommar Rudin
أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَ آلِ مُحَمَّدٍ
أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَ آلِ مُحَمَّدٍ
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِ مُحَمَّدٍ وعَجِّلْ فَرَجَهُمْ
Lihat Terjemahan

Shadra Hasan Apakah bernilai pahala ust dlm hal ini?

Andika Salam..

Sinar Agama Shadra Hasan, saya tidak paham maksud pertanyaan antum. Kalau maksudnya apakah pahalanya ada, maka ada. Kalau maksudnya apakah pahala yang ada itu besar, maka bagaimanapun yang namanya pahala sudah pasti baik dan menguntungkan kita. Itu sudah cukup memberikan makna besar.
SukaBalas64 Maret pukul 9:25

0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.