Tuesday, March 22, 2016

on Leave a Comment

Mohon bisa dijelaskan pengertian dan maksud : Qada dan Qadar serta Takdir aini dan Takdir ilmi


Link : https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=888966541216804&id=207119789401486


Salam ustd, semoga dlm keadaan sehat.
Saya mau bertanya.
Dalam pahaman sy ketika di suni qada adalah nasib yang bisa dirubah dan qadar adalah nasib yang tidak bisa dirubah. Dan dalam mazhab syiah kalau tidak ada nasib baik atau buruk yang ditentukan Allah bagaimana asyariyah.
Mohon bisa dijelaskan pengertian dan maksud:
A. Qada
B. Qadar
C. Takdir aini
D. Takdir ilmi
Terimakasih.
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya:

a- Qadha':

a-1- Untuk selain nasib manusia, maka pelaksaan sesuai dengan takaran (qadr) yang sudah ditentukan sebelumnya sesuai dengan hikmahNya.

a-2- Untuk nasib manusia adalah pelaksanaan sesuai dengan takaran yang sudah ditentukan di qadar yang sudah disesuaikan dengan ikhtiarnya. Misalnya, menjadikannya sakit perut sesuai dengan ikhtiarnya yang makan cabe yang pedas.

b- Qadr:

b-1- Untuk selain nasib manusia adalah penentukan takaran yang akan dilaksakan atau diwujudkanNya (qadhaa') sesuai dengan ilmu dan hikmahNya.

b-2- Untuk nasib manusa adalah penentuan takaran yang akan dilaksakan dan diwujudkanNya (qadhaa') sesuai dengan ikhtiar manusia yang sudah diketahui sebelumnya itu. Misalnya diketahui bahwa si Fulan akan makan cabe yang teramat pedas pada tanggal dan jam sekian, dalam keadaan kondisi perutnya sudah kena gejala mag, maka ketentuanNya adalah sakit perut di tanggal dan jam sekian.

c- Taqdir 'Aini itu adalah ketentuan pada kenyataan dan kejadiannya. Ketentuan 'aini ini kalau berhubungan dengan selain nasib manusia, maka tanpa keikutcampuran ikhtiar si makhluk yang akan ditentukan kadarnya. Sedang yang berhubungan dengan nasib manusia maka dicoraki dan diwarnai dengan ikhtiar dan pilihan manusia.

d- Taqdir 'Ilmi adalah ketentuan pada ilmu Tuhan sebelum pewujudan. Taqdir 'Ilmi ini bisa dimaksudkan dua maksud:

d-1- Taqdir 'Ilmi yang berhubungan dengan nasib manusia yang dicoraki dan diwarnai dengan ikhtiar manusianya yang sudah diketahui sebelumnya secara pasti oleh Allah swt.

d-2- Taqdir 'Ilmi yang berhubungan dengan selain nasib manusia yang tidak dicoraki dan diwarnai oleh ikhtiar makhluk yang bersangkutan.

Sinar Agama Raihana Ambar Arifin, sebagaimana saya menyukai pertanyaan teman-teman yang lain, saya juga menyukai pertanyaan-pertanyaanmu dengan alasan mencakupi semua obyek ilmu, seperti fiqih, filsafat, kalam dan semacamnya, ahsantum. Semoga antum sekeluarga dan teman-teman yang lainnya dan keluarga mereka, selalu berada dalam ketaqwaan yang profesional dan diterimaNya, begitu juga saya sekeluarga, amin.

Andika Allahumma sholli ala Muhammad wa Aali Muhammad...

0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.