Friday, October 28, 2016

on Leave a Comment

Mohon keterangan tentang yaumul mizan dlm AB?

Link : https://www.facebook.com/shadra.hasan/posts/1105077072875531

Salam.
Mohon keterangan tentang yaumul mizan dlm AB?
Trims ust Sinar Agama
Suka
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya:

1- Yaumu al-Miizaan yang mana yang antum maksudkan, sebab di Sunni itu memiliki tiga maksud:

a- Hari Penghisaban kelak di akhirat, seperti yang tergambar pada perkataan salah satu ulama mereka ini:

ุฐูƒุฑ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุฐุงุช ูŠูˆู… ุงู„ู…ูŠุฒุงู† ูˆุฃู†ู‡ ู„ุง ูŠุบุงุฏุฑ ู…ุซู‚ุงู„ ุญุจุฉ ู…ู† ุฎุฑุฏู„ ุฅู„ุง ุชูˆุฒู† ูุฌุงุกู‡ ุฑุฌู„ ูู‚ุงู„ : " ูŠุง ู†ุจูŠ ุงู„ู„ู‡ ุฅู† ู„ูŠ ุฃุฌุฑุงุก ูŠุธู„ู…ูˆู†ู†ูŠ ูˆุฃุธู„ู…ู‡ู… " ูู‚ุงู„ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุจูŠู† ู„ู‡ ุฃู† ุงู„ุฃู…ุฑ ูŠูˆู… ุงู„ู‚ูŠุงู…ุฉ ู‚ุตุงุต ، ูŠุคุฎุฐ ู…ุง ุนู„ูŠูƒ ูˆุชุนุทู‰ ู…ุง ู„ูƒ ، ูู‚ุงู„ ุงู„ุฑุฌู„ ุจุนุฏ ุฃู† ู‚ุฑุฑ ุฃู† ูŠุชุฎู„ุต ู…ู† ู‡ุคู„ุงุก ุงู„ุฃุฌุฑุงุก ุชู„ู‰ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู‚ูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุฌู„ ูˆุนู„ุง : (ูˆَู†َุถَุนُ ุงู„ْู…َูˆَุงุฒِูŠู†َ ุงู„ْู‚ِุณْุทَ ู„ِูŠَูˆْู…ِ ุงู„ْู‚ِูŠَุงู…َุฉِ ูَู„َุง ุชُุธْู„َู…ُ ู†َูْุณٌ ุดَูŠْุฆุงً ูˆَุฅِู† ูƒَุงู†َ ู…ِุซْู‚َุงู„َ ุญَุจَّุฉٍ ู…ِّู†ْ ุฎَุฑْุฏَู„ٍ ุฃَุชَูŠْู†َุง ุจِู‡َุง ูˆَูƒَูَู‰ ุจِู†َุง ุญَุงุณِุจِูŠู†َ) ุจูŠู† ุตู„ูˆุงุช ุงู„ู„ู‡ ูˆุณู„ุงู…ู‡ ุนู„ูŠู‡ ุฃู† ุงู„ุฃู…ุฑ ูŠูˆู… ุงู„ู‚ูŠุงู…ุฉ ุนุธูŠู… ุฌู„ูŠู„ ุงู„ุฎุทุจ ، ูŠุญุชุงุฌ ูƒู„ ุงู…ุฑุฆ ุฃู† ูŠุชู‚ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุฌู„ ูˆุนู„ุง ููŠู‡ .

"Nabi saww pada suatu hari menerangkan tentang hakikat Yaumu al-Miizaan bahwasannya (pada hari itu) tidak ada yang diluputkan walau sebesar debu (dari perbuatan manusia). Lalu seorang shahabar bertanya: 'Wahai nabiyullaah, sesungguhnya dalam kenerjaku ada orang-orang yang menzhalimiku dan ada yang kuzhalimi mereka.' Nabi saww menjawab dan menjelaskan kepadanya: 'Pada hari kiamat itu adalah qishash/pembalasan. Diambil darimu (yang merupakan hak orang lain) dan diberikan kepadamu (apa yang menjadi hakmu).' Lalu penanya itu berkata: '.............' ...... (dan seterusnya)." (Duruusun wa Muhaadharaatu al-Syaikh Shaalih al-Maghaamisi, 50/21.)

Di hadits di atas, jelas bahwa yang dimaksudkan dengan Yaumu al-Miizaan adalah Hari Hisab di hari kiamat.

b- Hari-hari Penaqdiran atau penentuan nasib manusia seperti yang tergambar di hadits riwayat Sunni sebagai berikut ini:

20303- ู…ุง ู…ู† ุขุฏู…ู‰ ุฅู„ุง ู‚ู„ุจู‡ ุจูŠู† ุฃุตุจุนูŠู† ู…ู† ุฃุตุงุจุน ุงู„ุฑุญู…ู† ุฅู† ุดุงุก ุฃู† ูŠุฒูŠุบู‡ ุฃุฒุงุบู‡ ูˆุฅู† ุดุงุก ุฃู† ูŠู‚ูŠู…ู‡ ุฃู‚ุงู…ู‡ ูˆูƒู„ ูŠูˆู… ุงู„ู…ูŠุฒุงู† ุจูŠุฏ ุงู„ู„ู‡ ูŠุฑูุน ุฃู‚ูˆุงู…ًุง ูˆูŠุถุน ุขุฎุฑูŠู† ุฅู„ู‰ ูŠูˆู… ุงู„ู‚ูŠุงู…ุฉ (ุงู„ุทุจุฑุงู†ู‰ ุนู† ู†ุนูŠู… ุจู† ู‡ู…ุงุฑ)
ุฃุฎุฑุฌู‡ ุงู„ุทุจุฑุงู†ู‰ ูƒู…ุง ูู‰ ู…ุฌู…ุน ุงู„ุฒูˆุงุฆุฏ (7/211) ู‚ุงู„ ุงู„ู‡ูŠุซู…ู‰ : ุฑุฌุงู„ู‡ ุซู‚ุงุช .

Nabi saww bersabda: "Tidaklah ada satu orang manusia kecuali hatinya ada di antara dua jari dari jemari-jemari Yang Maha Pengasih. Kalau Dia mau menyesatkannya maka akan disesatkannya. Kalau Dia mau menetapkannya (tetap dalam iman dan taqwa) maka akan ditetapkannya. Dan segala Yaumu al-Miizaan itu ada di tangan Allah. Dia (Allah) mengangkat suatu kaum dan menjatuhkan yang lainnya sampai hari kiamat." (Jaami'u al-Hadits, hadits ke: 20303; Thabrani di Majma'u al-Zawaaid, 7/211).

Di hadits ini jelas terlihat bahwa yang dimaksud Yaumu al-Miizaan itu adalah hari-hari penetapan taqdir manusia oleh Allah sampai hari kiamat tiba kelak. Jadi, Yaumu al-Miizaan ini jelas sebelum hari kiamat.
Lihat Terjemahan

Sinar Agama .

c- Hari yang seimbang dalam ilmu falak, yaitu yang tidak panas dan tidak pula dingin dan panjangnya siang dan malamnya berbanding sama. Hati seperti ini dikenal dalam ilmu falak dan filsafat juga dan disebut dalam ilmu tafsir hadits sebagai hari al-Mihrijaan. Hari al-Mihrijaan dan Hari al-Nuuruuze adalah dua hari Ied yang ada di Madinah sebelum Nabi saww hijrah kepadanya seperti yang dikatakan di kitab Sunni berikut ini:

{ุงู„ูุตู„ ุงู„ุซุงู†ูŠ}
1453- (14) ุนู† ุฃู†ุณ ู‚ุงู„: ู‚ุฏู… ุงู„ู†ุจูŠ - ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… - ุงู„ู…ุฏูŠู†ุฉ، ูˆู„ู‡ู… ูŠูˆู…ุงู† ูŠู„ุนุจูˆู† ููŠู‡ู…ุง، ูู‚ุงู„: ู…ุง ู‡ุฐุงู† ุงู„ูŠูˆู…ุงู†؟ ู‚ุงู„ูˆุง: ูƒู†ุง ู†ู„ุนุจ ููŠู‡ู…ุง ููŠ ุงู„ุฌุงู‡ู„ูŠุฉ، ูู‚ุงู„ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ - ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… - : ((ู‚ุฏ ุฃุจุฏู„ูƒู… ุงู„ู„ู‡ ุจู‡ู…ุง ุฎูŠุฑุงً ู…ู†ู‡ู…ุง: ูŠูˆู… ุงู„ุฃุถุญู‰ ูˆูŠูˆู… ุงู„ูุทุฑ)).
ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€
ุงู„ู‚ุฑุจ ุงู„ุนุงู…ุฉ، ูุฅุธู‡ุงุฑู‡ุง ุฃูุถู„؛ ู„ุฃู† ููŠู‡ ุฅุญูŠุงุก ู„ุณู†ุชู‡ุง، ูˆู‚ุงู„ ุงุจู† ุจุทุงู†: ู‡ูˆ ุณู†ุฉ ู„ู„ุฅู…ุงู… ุฎุงุตุฉ ุนู†ุฏ ู…ุงู„ูƒ، ู‚ุงู„ ู…ุงู„ูƒ: ุฅู†ู…ุง ูŠูุนู„ ุฐู„ูƒ ู„ุฆู„ุง ูŠุฐุจุญ ุฃุญุฏ ู‚ุจู„ู‡، ูˆู„ูŠุฐุจุญูˆุง ุจุนุฏู‡ ุนู„ู‰ ูŠู‚ูŠู† ู…ุน ู…ุง ููŠู‡ ู…ู† ุชุนู„ูŠู…ู‡ู… ุตูุฉ ุงู„ุฐุจุญ، ูˆู‚ุงู„ ุงู„ู‚ุณุทู„ุงู†ูŠ: ู‚ุงู„ ู…ุงู„ูƒ: ู„ุง ูŠุฐุจุญ ุฃุญุฏ ุญุชู‰ ูŠุฐุจุญ ุงู„ุฅู…ุงู…، ู†ุนู… ุฃุฌู…ุนูˆุง ุนู„ู‰ ุฃู† ุงู„ุฅู…ุงู… ู„ูˆ ู„ู… ูŠุฐุจุญ ู„ู„ู†ุงุณ ุฅุฐุง ุฏุฎู„ ูˆู‚ุช ุงู„ุฐุจุญ ูุงู„ู…ุฏุงุฑ ุนู„ู‰ ุงู„ูˆู‚ุช ู„ุง ุงู„ูุนู„. ู‚ู„ุช: ู‚ุฏ ุชู‚ุฏู… ุฃู† ุงู„ุฑุงุฌุญ ุฃู†ู‡ ู„ุง ูŠุดุชุฑุท ุงู„ุชุฃุฎูŠุฑ ุฅู„ู‰ ู†ุญุฑ ุงู„ุฅู…ุงู…، ูˆุฃู†ู‡ ู‡ูˆ ูˆุงู„ู†ุงุณ ููŠ ูˆู‚ุช ุงู„ุฃุถุญูŠุฉ ุณูˆุงุก (ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ) ููŠ ุงู„ุนูŠุฏูŠู† ูˆููŠ ุงู„ุฃุถุงุญูŠ، ูˆุฃุฎุฑุฌู‡ ุฃูŠุถุงً ุฃุจูˆุฏุงูˆุฏ ูˆุงู„ู†ุณุงุฆูŠ ูˆุงุจู† ู…ุงุฌู‡ ูˆุงู„ุจูŠู‡ู‚ูŠ (ุฌ9 ุต277).
1453- ู‚ูˆู„ู‡ (ู‚ุฏู… ุงู„ู†ุจูŠ - ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… - ุงู„ู…ุฏูŠู†ุฉ) ุฃูŠ ู…ู† ู…ูƒุฉ ู…ู‡ุงุฌุฑุงً (ูˆู„ู‡ู…) ุฃูŠ ู„ุฃู‡ู„ ุงู„ู…ุฏูŠู†ุฉ (ูŠูˆู…ุงู† ูŠู„ุนุจูˆู† ููŠู‡ู…ุง) ูˆู‡ู…ุง ูŠูˆู… ุงู„ู†ูŠุฑูˆุฒ ูˆูŠูˆู… ุงู„ู…ู‡ุฑุฌุงู†، ูƒุฐุง ู‚ุงู„ ุงู„ุดุฑุงุญ، ูˆููŠ ุงู„ู‚ุงู…ูˆุณ: ุงู„ู†ูŠุฑูˆุฒ ุฃูˆู„ ูŠูˆู… ุงู„ุณู†ุฉ، ู…ุนุฑุจ ู†ูˆุฑูˆุฒ - ุงู†ุชู‡ู‰. ูˆุงู„ู†ูˆุฑูˆุฒ ู…ุดู‡ูˆุฑ، ูˆู‡ูˆ ุฃูˆู„ ูŠูˆู… ุชุชุญูˆู„ ุงู„ุดู…ุณ ููŠู‡ ุฅู„ู‰ ุจุฑุฌ ุงู„ุญู…ู„، ูˆู‡ูˆ ุฃูˆู„ ุงู„ุณู†ุฉ ุงู„ุดู…ุณุฉ، ูƒู…ุง ุฃู† ุบุฑุฉ ุดู‡ุฑ ุงู„ู…ุญุฑู… ุฃูˆู„ ุงู„ุณู†ุฉ ุงู„ู‚ู…ุฑูŠุฉ، ูˆุฃู…ุง ุงู„ู…ู‡ุฑุฌุงู† ูุงู„ุธุงู‡ุฑ ุจุญูƒู… ู…ู‚ุงุจู„ุชู‡ ุจุงู„ู†ูŠุฑูˆุฒ ุฃู† ูŠูƒูˆู† ุฃูˆู„ ูŠูˆู… ุงู„ู…ูŠุฒุงู†، ูˆู‡ู…ุง ูŠูˆู…ุงู† ู…ุนุชุฏู„ุงู† ููŠ ุงู„ู‡ูˆุงุก ู„ุง ุญุฑ ูˆู„ุง ุจุฑุฏ، ูˆูŠุณุชูˆูŠ ููŠู‡ ุงู„ู„ูŠู„ ูˆุงู„ู†ู‡ุงุฑ، ููƒุฃู† ุงู„ุญูƒู…ุงุก ุงู„ู…ุชู‚ุฏู…ูŠู† ุงู„ู…ุชุนู„ู‚ูŠู† ุจุงู„ู‡ูŠุฆุฉ ุงุฎุชุงุฑูˆู‡ู…ุง ู„ู„ุนูŠุฏ ููŠ ุฃูŠุงู…ู‡ู…، ูˆู‚ู„ุฏู‡ู… ุฃู‡ู„ ุฒู…ุงู†ู‡ู… ู„ุงุนุชู‚ุงุฏู‡ู… ุจูƒู…ุงู„ ุนู‚ูˆู„ ุญูƒู…ุงุฆู‡ู…، ูุฌุงุก ุงู„ุฃู†ุจูŠุงุก ูˆุฃุจุทู„ูˆุง ู…ุง ุจู†ู‰ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุญูƒู…ุงุก (ููŠ ุงู„ุฌุงู‡ู„ูŠุฉ) ุฃูŠ ููŠ ุฒู…ู† ุงู„ุฌุงู‡ู„ูŠุฉ ู‚ุจู„ ุฃูŠุงู… ุงู„ุฅุณู„ุงู… (ู‚ุฏ ุฃุจุฏู„ูƒู… ุงู„ู„ู‡) ู‡ุฐุง ู„ูุธ ุงู„ู†ุณุงุฆูŠ، ูˆู„ูุธ ุฃุจูŠ ุฏุงูˆุฏ: ุฅู† ุงู„ู„ู‡ ู‚ุฏ ุฃุจุฏู„ูƒู… (ุจู‡ู…ุง) ุฃูŠ ููŠ ู…ู‚ุงุจู„ุชู‡ู…ุง (ุฎูŠุฑุงً ู…ู†ู‡ู…ุง) ูŠุฑูŠุฏ ุฃู† ู†ุณุฎ ุฐูŠู†ูƒ ุงู„ูŠูˆู…ูŠู†، ูˆุดุฑุน ููŠ ู…ู‚ุงุจู„ุชู‡ู…ุง ู‡ุฐูŠู† ุงู„ูŠูˆู…ูŠู†، ูˆู‚ุงู„ ุงู„ู‚ุงุฑูŠ: ุงู„ุจุงุก ู‡ู†ุง ุฏุงุฎู„ุฉ ุนู„ู‰ ุงู„ู…ุชุฑูˆูƒ، ูˆู‡ูˆ ุงู„ุฃูุตุญ، ุฃูŠ ุฌุนู„ ู„ูƒู… ุจุฏู„ุงً ุนู†ู‡ู…ุง ุฎูŠุฑุงً ู…ู†ู‡ู…ุง ููŠ ุงู„ุฏู†ูŠุง ูˆุงู„ุฃุฎุฑู‰. ูˆ "ุฎูŠุฑุงً" ู„ูŠุณุช ุฃูุนู„ ุชูุถูŠู„، ุฅุฐ ู„ุง ุฎูŠุฑูŠุฉ ููŠ ูŠูˆู…ูŠู‡ู…ุง (ูŠูˆู… ุงู„ุฃุถุญู‰) ุจูุชุญ ุงู„ู‡ู…ุฒุฉ، ุฌู…ุน ุฃุถุญุงุฉ ุดุงุฉ ูŠุถุญูŠ ุจู‡ุง، ูˆุจู‡ ุณู…ูŠ ูŠูˆู… ุงู„ุฃุถุญู‰، ู‚ุงู„ ุงู„ู…ุธู‡ุฑ: ููŠ ุงู„ุญุฏูŠุซ ุฏู„ูŠู„ ุนู„ู‰ ุฃู† ุชุนุธูŠู… ุงู„ู†ูŠุฑูˆุฒ ูˆุงู„ู…ู‡ุฑุฌุงู† ูˆุบูŠุฑู‡ู…ุง ู…ู† ุฃุนูŠุงุฏ ุงู„ูƒูุงุฑ ู…ู†ู‡ูŠ ุนู†ู‡، ูˆู‚ุงู„ ุงู„ุญุงูุธ ููŠ ุงู„ูุชุญ: ุงุณุชู†ุจุท ู…ู†ู‡ ูƒุฑุงู‡ุฉ ุงู„ูุฑุน ููŠ ุฃุนูŠุงุฏ ุงู„ู…ุดุฑูƒูŠู† ูˆุงู„ุชุดุจู‡ ุจู‡ู….
ุฑูˆุงู‡ ุฃุจูˆุฏุงูˆุฏ.

Anas berkata: "Nabi saww berhijrah ke Madinah dimana mereka (penduduk Madinah) memiliki dua hari (besar) yang digunakan bersenang-senang. Lalu Nabi saww bertanya: 'Hari apakah dua hari ini?' Mereka berkata: 'Kami bersenang-senang di dua hari tersebut pada masa sebelum Islam (jahiliah).' Nabi saww bersabda: 'Allah telah menggantikan untuk kalian yang lebih baik dari keduanya, yaitu: Yaumu al-Adhhaa dan Yaumu al-Fitri.'." (Muraa'aatu al-Mafaatiih Syarhu Misykaati al-Mashaabiih, hadits ke: 1453, hadits riwayat Anas dari riwayat Abu Daud.)

Lalu di catatan kakinya diterangkan bahwa dua hari itu adalah Hari Nauruuz (Nuuruuz) dan Hari al-Mihrijaan. Dan masing kedua hari inipun diterangkan bahwa Nuuruuz itu hari pertama dari tahun Syamsiyyah/matahari dan Mihrijaan itu adalah hari pertengahan dan stabil seperti yang sudah diterangkan di atas.

2- Jawaban Soal:

a- Kalau yang dimaksudkan adalah poin (a) di atas, maka jelas sama saja antara Syi'ah dan Sunni. Karena hari hisab atau perhitungan atau pembalasan itu, merupakan keimanan yang paling dasar setelah Tauhid, keAdilan, kenabian dan keimamahan. Di hari itu tidak ada yang terluputkan sedikitpun walau sebesar atom dari perbuatan manusia.

b- Kalau yang dimaksudkan seperti di poin (b) di atas, yakni hari-hari penuh penaqdiran dan penasiban, maka jelas di Islam jalur Ahlulbait as hal seperti tidak ada sama sekali. Karena itulah dasar ke dua Ushuluddin dalam Syi'ah adalah keAdilan. Yakni keAdilan Tuhan, yakni tidak menentukan nasib manusia dan sama sekali tidak mengurangi apapun hak-hak manusia. Dalam pandangan Islam riwayat Ahlulbait as dikatakan:

"Mana mungkin Tuhan menentukan seseorang untuk menyimpang, lalu di akhirat mengadzabnya? Apa dosa orang yang ditentukan menyimpang itu? Ini jelas tidak adil. Karena itu, maka Tuhan tidak akan pernah menentukan nasib manusia sekalipun jelas mampu untuk melakukannya, tapi Dia tidak akan melakukannya karena hal itu tidak adil sama sekali."

c- Kalau yang dimaksudkan itu poin (c) di atas, maka hal itu sama saja. Setidaknya dapat diterima di Syi'ah. Karena memang menyngkut ilmu falak atau kenyataan alam.
Lihat Terjemahan







0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.