Friday, October 14, 2016

on Leave a Comment

Bagaimana sholat orang sakit yang pasca operasi/sakit dan tidak berdiri/mesti berbaring menggunakan kateter (selang yang terhubung ke kemaluan untuk berbuang air)

Link : https://www.facebook.com/shadra.hasan/posts/1095290140520891


Salam.
Seseorang pasca operasi/sakit dan tidak berdiri/mesti berbaring menggunakan kateter (selang yang terhubung ke kemaluan untuk berbuang air) selama beberapa minggu. Bagaimana wudhu dan sholatnya?
Trims ust Sinar Agama
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
9 Komentar
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya: Wudhu'nya biasa saja walau di tempat tidur. Selang kencingnya kalau bisa dibuka maka dibukan dan disucikan yang najis-najis di kemaluannya (begitu pula tempat lainnya). Kalau selangnya tidak bisa dibuka, maka tetap saja seperti itu asal anggota badan lainnya dan bajunya tidak najis. Shalatnya dilakukan sebisanya. Kalau bisa berdiri maka berdiri, kalau tidak bisa berdiri tapi bisa duduk maka dikerjakan dengan duduk. Dan kalau tidak bisa duduk, maka dikerjakan dengan tidur terlentang dengan cara rukuk memakai isyarat dan sujud dengan meletakkan alas sujud (seperti turbah) di dahinya. Sudah tentu semua gerakannya dilakukan dengan isyarat.

0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.