Monday, October 17, 2016

on Leave a Comment

Dikatakan jenazah syiah wajib dimandikan oleh orang syiah atau setidaknya dengan cara syiah. benarkah demikian?

Link : https://www.facebook.com/shadra.hasan/posts/1098266950223210

Salam.
Dikatakan jenazah orang Syiah wajib dimandikan dan dikafankan oleh orang Syiah. Bagaimana taklifnya jika
1. Tidak ada orang Syiah yang berada di daerahnya tersebut?
2. Orang Syiah ada di daerah lain, tapi membutuhkan 2 jam perjalanan naik pesawat atau katakanlah seharian dengan kendaraan darat ke tempat jenazahnya. Itupun membutuhkan biaya ataupun waktu luang yang tersedia bagi yang bisa pergi ke sana
Trims ust Sinar Agama
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
35 Komentar
Komentar

Mardiansyah Ikut nimbrung ya

Aziz Rakyat Sulsel Menunggu jawaban...

Hamzah Leo Kalau syahadad nya sama tdk menyimpang atau tdk menambah atau tdk mengurangi wajib di urus dgn 4 syarat, mandi kafan sholat kubur/tanam.selesai.

Muhammad Wahyudi Tuhannya sama,nabinya sama,kiblatnya sama buat apa dijauhkn

Srikandi Naynawa Slm.. Afwan dgn demikian adanya diwajibkn smua anggota klg dan masyarakt kecil mazhab syiah diwajibkn ut belajar dlm pengurusan mayit.. Itu yg sy tau

Van W R salam,pertanyaan yg sama

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya: Afwan kalau terlewatkan beberapa hari.

1-2- Setahu saya tidak wajib orang Syi'ah untuk memandikan dan mengkafani orang Syi'ah yang meninggal. Kecuali kalau antum pernah membaca yang sebaliknya. Kalau hal itu benar, maka tolong nukilkan fatwanya, dari siapa dan dimana bisa saya dapatkan.

Tapi memang terlihat di salah satu kitab fatwa Rahbar hf (di kitab fatwa lain beliau hf tidak ada) bahwa salah satu syarat bagi yang memandikan mayat, adalah Syi'ah 12 imam as.

Dalam kondisi seperti ini, maka memang sulit mengatasinya. Saya hanya bisa memperkirakan bahwa kalau tidak mungkin ditunggukan, maka setidaknya dengan cara Syi'ah walau bukan Syi'ah. Yakni kalau ditunggukan mayatnya akan menjadi busuk atau membuat keributan karena ketidak pahaman. Saya insyaaAllah nanti akan menanyakan hal ini. Semoga tidak lupa dan semoga bisa menyempatkan diri.

Sinar Agama Teman-teman yang sudah membaca jawaban sebelum tanggal 24-9-2016 di pertanyaan ini, tolong baca lagi jawabannya karena ada penambahan.





0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.