Friday, October 28, 2016

on Leave a Comment

Mengapa Id Ghadir lebih agung dibandng Id Adha dan Id Fitri di hadapan Allah?

Link : https://www.facebook.com/shadra.hasan/posts/1105043216212250

Salam
Mengapa Id Ghadir lebih agung dibandng Id Adha dan Id Fitri di hadapan Allah?
Trims ust Sinar Agama
Suka
Komentari
22 Komentar
Komentar

Agus Trie Bahkan lbh ramai dirayakan ketimbang saat pengangkatan rasul

Hasan Basri Pertanyaan yg salah yg menjawab juga salah...

Noez Irwan Syah Hari raya Idul Ghadir adalah hari raya teragung dan termulia dari hari raya idul fitri dan idul adha, karena Hari raya Idul Ghadir adalah berkenaan USHULUDIN ( dasar syariat) sedangkan hari raya lain berkenaan FURU'UDIN (cabang syariat).

Sinar Agama Salam dan terikamasih pertanyaannya:

1- Hari raya itu adalah hari besar....Lihat Selengkapnya

Sinar Agama Agus Trie, benar demikian. Akan tetapi bukan berarti merendahkan atau melebihrendahkan hari besar pengangkatan Nabi saww sebagai nabi dan rasul, melainkan karena pengangkatan imamah itu sudah mengandungi pengangkatan kenabian. Artinya yang percaya imamah berarti pasti percaya nubuwwah atau kenabian sebab tidak ada keimamahan kalau tidak ada kenabian dan kerasulan.

Di Syi'ah hari pengangkatan Nabi saww itu juga diperingati dan dibesarkan alias dirayakan sebagai salah satu hari besar dalam Islam walau tidak umum dikatakan hari raya. Sebab penentuan hari raya itu tidak bisa ditentukan kita sendiri melainkan dari agama dan penamaan dari agama hanya ada empat saja, yaitu hari raya Fitri, Adh-haa, Jum'at dan Ghadiir Khum.

Akan tetapi sebagaimana sudah dijelaskan di atas, sekalipun penamaannya itu mesti ikut agama dan karenanya tidak dinamani sebagai hari ied, akan tetapi agama tidak melarang untuk menjadikan hari keterpilihan Nabi saww sebagai nabi dan rasul itu, untuk diperingati dan dijadikan syi'ar sekalipun namanya tidak mesti dinamai dengan ied.

Raihana Ambar Arifin Allahumma sholli ala Muhammad wa Aali Muhammad wa Ajjil farajahum.





0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.