Friday, October 28, 2016

on Leave a Comment

Apakah dlm filsafat islam atau ilmu islam ada teori tentang misalnya ciri ciri fisik yang menanfakan kualitas seseorang? Apakah di Iran dilarang FB ?


Link : https://www.facebook.com/sinaragama/posts/1030600947053362

salam ustd. semoga dalam keadaan sehat. maaaf mau bertanya.
1. apakah dlm filsafat islam atau ilmu islam ada teori tentang misalnya ciri ciri fisik yang menanfakan kualitas seseorang. karena kalau tdk salah ingat sy pernah mebaca buku falsafah kalau mulla shadra pernah menyebutkan misalnya seorang penulis secara ciri fisik ada ciri khasnya.
2. kl tdk salah ingat ustd pernah menyebutkan kl di iran ada larangan fb. apakah laramgan itu hanya untuk orang iran entah dimanapun atau semua orang ada di iran b. apakah larangan itu sebagai fatwa sosial yang bisa dibkategorikan taklif dan hukumnya wajib sebagaibsyariat?
trims
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya:

1- Secara umum bisa saja hal itu ada. Mirip dengan masalah bahwa orang buta tidak bisa membaca. Akan tetapi hal itu merupakan modal awal. Anggap saja memang ada. Saya sudah teramat sering menjelaskan bahwa semua modal awal itu, dimulai dari genetika dan DNA kita bahkan cacat fisik sekalipun, bukan sama sekali merupakan penjaberan atau pendeterminisan, melainkan modal awal yang wajib diikhtiarkan semaksimal mungkin untuk digunakan di jalan proses menjadi insan kamil atau hamba shalih dan ketaqwaan.

2- Fatwa itu jelas fatwa sosial kenegaraan. Jadi, haram di Iran secara umum walau bisa dipahami adanya pengecualian. Saya sudah menerangkan pada waktu saya menjelaskan fatwa tersebut. Kan tidak lucu di suatau negara yang berhukum Islam membolehkan seperti majalan atau koran yang didalamnya bercampur antara halal dan haram. Sebab ketika dihalalkan maka termasuk campuran haramnya itu akan menjadi terhalalkan dengan sendirinya.






0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.