Sunday, February 5, 2017

on Leave a Comment

Seputar batu aqiq dan kesunnahannya

Link : https://www.facebook.com/sinaragama/posts/1125701787543277


Salam Ustadz mohon bertanya......
1. apakah sudah ada daftar daftar nama nama barang atau produk produk makanan yang terbukti buatan zionis sehingga tidak boleh kita pakai atau konsumsi,,?
2.A. sebegitu sulitnya batu aqiq yaman yang asli dari yaman apakah ada penggantinya atau yang paling dekat dalam hal khasiatnya batu aqik apakah tersebut..?
B.di lihat dari keutamaan batu aqik merah apakah semua batu aqik warna merah yang ada di indonesia juga bisa berkasiat untuk penjagaan...?
C.1 ada sebuah kasus yakni seseorang untuk menggosok batunya supaya mengkilab dia menggunakan bahan kimia curian apakah perbuattan ini menjadikan haram batu aqik tersebut jika di pakai..?
2. apakah bisa hanya di cuci saja sehingga halal di pakai dari bahan kimia yang menempel itu sampai hilang ?
terimakasih ustadz semoga ustadz selalu di cintai oleh ALLAH SWT dan SAWW sehingg ustad semakin di dekatkan kepada IMAM MAHDI AS
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya:

1- Ada dan tidak ada, he he .... Yakni ada dan tidaknya, seperti yang dibuat oleh sebagian orang, tidak mesti diyakini kebenarannya disamping tidak wajib mencarinya. Jadi, hukum haramnya makanan dan semacamnya itu adalah suatu hukum yang kalau diketahui secara yakin, tapi tidak wajib mencari tahu. Itu kalau hukumnya sudah halal secara lahiriahnya. Tapi kalau sebaliknya, maka haram hukumnya sebelum yakin kebalikannya. Misalnya daging binatang sembelihan yang diimpor dari negara kafir adalah haram, kecuali diyakini secara nyata dan berdalil panca indrawi bahwa disembelih muslim dan tidak terkena najis. Nah, hukum haramnya produksi pemusuh terang-terangan dan pemerang terhadap Islam itu haram dibeli, tapi kita tidak wajib mencari tahu obyeknya.

2- :

a- Semua aqiq khasiatnya sama, terutama dari kesunnahannya dan manfaatnya. Beda aqiq Yaman hanyalah lebih kuat saja dari sisi manfaatnya, bukan pahalanya.

b- Iya bisa, tapi khasiatnya aqiq Yaman lebih kuat. Dan aqiq tidak harus merah. Apa saja sama secara pahala kesunnahan dan khasiatnya.

C-1- Saya mengira dengan kuat tidak haram dipakai kecuali kalau tidak digosoknya membuat aqiqnya sama sekali tidak bisa dipakai. Kalau penggosokannya itu menentukan bisa dipakai atau tidaknya, maka sangat mungkin haram dipakai. Tapi walaupun tidak haram dipakai, anggap kemungkinan yang saya berikan itu benar, maka mencuri zat kimia itu berdosa dan wajib diganti secepatnya.

2- Menurut perkiraan saya bisa.

Fernand Sonojoyo Salam.... Apakah besar kecilnya akik yg kita pakai mempengaruhi besar atau kecilnya kasiat-nya ?

Fernand Sonojoyo Saya masih ingat ustadz menyebut batu akik jemberut apakah batu yg di maksud itu jamrut dalam bahasa indo atau emeral dalam bahasa inggris?

Fernand Sonojoyo Ustadz ada kepercayaan tentang kasiat batu akik yakni menurut pandangan umum, masyarakat yg saya percayai itu kemungkinannya para normal, apakah perbuatan ini di bolehkan mengingat banyaknya jenis batu akik di indo, bahkan mereka menyebut nyebut ada kaitan dengan hari lahir.

Fernand Sonojoyo Apa definisi batu agik?

Fernand Sonojoyo 5. Apakah batu akik bisa menyimpan energi ke imanan sehingga dapat bermanfaat untuk pemakainya setelah di titipkan pada sholat seseorang, contoh pada yang mulia ayatulah bahjat yg sering di titipi akik untuk di pakai sholat oleh sebagian murid yang mulia ayatulah bahjat.

Sinar Agama Fernand Sonojoyo, :

1- Mungkin tidak. Tapi ada yang bilang jangan terlalu kecil misalnya jangan seperti seperlima butir padi. Tapi saya mengira kuat tidak ada bedanya.

2- Emeral Inggrisnya dan Jamrud bahasa Arab atau Indonesianya.

3- Yang tidak diajarkan dalam Islam, maka tinggalkan saja terutama seperti yang menyebut berkaitan dengan tanggal lahir itu. Yang diajarkan Islam adalah sunnah dan bebatuan itu mendoakan pemakainya dimana seperti aqiq mendoakan penjagaan, Jamrud tentang kewibawaan dan semacamnya.

4- Batu Aqiq adalah batu yang aqiq ha ha ha .... Saya tidak tahu deffrentia dekatnya aqiq, yakni yang membedakan dari batu-batu yang lainnya. Bisanya hanya melihat saja. Kalau melihat maka saya bisa membedakan batu aqiq dan yang lainnya.

5- Batu aqiqnya sendiri seperti yang sudah dijelaskan di atas. Kalau ditabarrukkan lagi pada wali, maka beda lagi masalahnya. Karena nanti akan menyimpan doa (bukan energi) dari para wali itu sesuai dengan niat dalam doa si wali tersebut. Misalnya si wali berdoa: "Ya Allah jagalah dari keburukan pemakai cincin ini.".

Fernand Sonojoyo SALAM ...............

Fernand Sonojoyo 1. APAKAH BATU AKIK JIKA DI CAMPUR CAMPUR DALAM SATU RING DENGAN UKURAN KECIL KECIL JUGA MENDAPAT MANFAAT BERBEDA BEDA DARI MACAM MACAM BATU AKIK TERSEBUT

Fernand Sonojoyo 2.KALAU SAYA DEFINISIKAN BEGINI .... BATU AQIK ADALAH BATU YANG TEMBUS PANDANG yang mempunyai keindahan ....bagaimna ?

Fernand Sonojoyo 3.apakah contoh batu akik yaman merah itu yang di pakai selalu oleh yang mulia rahbar pada kelinggking kanannya itu ?

Fernand Sonojoyo 4. apakah benar ten5tang hadist bawa batu aqik hitam jika di pandang mata pada waktu bangun tidur dengan membaca surah alqadar itu sangat bermanfaat ....?

Fernand Sonojoyo 5. dengan niat tulus bukan ingin melepaskan kewajiban membayar kumus dari batu akik yang di pakai nya seseorang meminta batu akik kepada saudaranya yang punya bayak coleksi dan memakainya untuk sholat apakah sah sholatnya....?

Fernand Sonojoyo 6.karena punya banyak batu akik seseorang memodifikasi sabuk , topi, gelang , dan sepatu di taburi batuk akik apakah boleh...?

Sinar Agama Fernand Sonojoyo, :

1- InsyaaAllah mendapatkan hikmah dan kesunnahannya.

2- Terserah antum saja. Yang penting antum punya dalil bahwa definisi itu membedakan dari yang lainnya. Emangnya batu lain tidak tembus pandang dan tidak indah?

3- Biasanya para tokoh selalu dihadiahi umat aqiq Yaman. Rahbar hf juga memakai aqiq yang kuning.

4- Kurang tahu.

5- Saya tidak paham maksud pertanyaannya.

6- Boleh saja.

Fernand Sonojoyo Pertanyaan no 5 sudah terjawab dari berbagai jawaban ustadz yg saya simpulkan untik urusan akik saya cukupkan jika nanti ada pertanyaan akan saya sambung, terimakasih ustadz atasz jawaban dari pertanyaan yg bodoh ini, semoga ustadz selalu di cintai Allah Swt sehingga di dekatkan oleh Saww kepada imam mahdi







0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.