Saturday, February 18, 2017

on Leave a Comment

Di Australia ketika summer waktu terbenam mataharinya sekitaran jam 8 hingga 9 malam. Dan matahari terbit antara jam 7 hingga 8 pagi. Bagaimana waktu Subuh dan Maghribnya?

Link : https://www.facebook.com/shadra.hasan/posts/1214081828641721

Salam.
Di Australia ketika summer waktu terbenam mataharinya sekitaran jam 8 hingga 9 malam. Dan matahari terbit antara jam 7 hingga 8 pagi.
Bagaimana waktu Subuh dan Maghribnya dan batas waktu masuknya tengah malam?
Trims ust Sinar Agama
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya:

1- Sesuai dengan eksperimen saya, perkiraan kuat maghrib di negara-negara yang jauh dari katulistiwa adalah 30 menit setelah terbenamnya matahari. Bisa lebih cepat dari itu, tapi kalau mau dibuat 45 menit maka saya yakin sangat meyakinkan. Tapi niatkan sebagai hati-hati, bukan sebagai ajaran.

Ajarannya adalah hilangnya mega merah di bagian timur sampai melewati atas kepala. Ajarannya adalah kalau belum yakin masuknya waktu shalat, dilarang shalat dan kalau masih shalat juga, maka shalatnya batal.

2- Untuk waktu Shubuh kira-kira 1 jam 30 menit sebelum matahari terbit.

3- Tengah malamnya adalah pertengahan antara Maghrib dan Shubuh di atas.

4- Anjuran, carilah waktu shalat di masjid-masjid yang ada di sana supaya lebih meyakinkan. Tapi untuk shalat Maghribnya tambahi setidaknya 30 menit.

Ingat, semua jam di atas bukan ukuran pastinya sebab pastinya adalah dengan meru'yat atau melihat mega merah dan terbitnya fajar shadiq. Karena itu, jangan ragu-ragu untuk melakukan kehati-hatian yaitu dengan melambatkan berbuka dan shalat ketika Maghrib dan mempercepat imsak (makan-minum dan lain-lain yang dapat membatalkan puasa) sebelum adzan/waktu shalat Shubuh.

Sinar Agama .

Tambahan Anjuran:

Untuk akhir setiap shalatnya berusahalah untuk tidak sampai akhir batas yang sudah antum tetapkan sesuai dengan perkiraan hitungan di atas.

Saenal Ibn Sa'in Nambah pertanyaan ustat. Bagaimana dengan puasa untuk mereka? Ada yg waktu siangx kurang dari 4 jam. Ada juga yg waktu siangnya sampai selama berhari2 lalu malam lagi.

Sinar Agama Saenal Ibn Sa'in, kalau masih memiliki siang, maka wajib puasa. Kalau tidak, maka tergantung marja'nya apakah difatwai dengan mengikuti ufuq negara tetangga yang paling dekat atau pindah tempat. Seingatku dulu saya sudah pernah merinci hal ini. Nanti kalau antum memang menghadapinya, tanyakan lagi dan saya akan pasti ke marja' taqlid yang antum ikuti, insyaaAllah.





0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.