Saturday, February 18, 2017

on Leave a Comment

Apakah binatang serta tumbuh tumbuhan, mengetahui juga sifat sifat Tuhan. Seperti maha Hidup, kuasa dan berkehendak?

Link : https://www.facebook.com/sinaragama/posts/1145260288920760


Salam ustadz.
Apakah binatang serta tumbuh tumbuhan, mengetahui juga sifat sifat Tuhan. Seperti maha Hidup, kuasa dan berkehendak?
Suka
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya:

1- Sudah tentu mengetahui. Kalau tidak mengetahui bagaimana bisa berdzikir. Berdzikir itu adalah mengingat dan memuji. Kalau tidak tahu keAgungan Tuhan bagaimana bisa berdzikir dan memujiNya?

2- Saya sudah sering (setidaknya pernah) menjelaskan bahwa semua benda itu memiliki ruh. Karena ruh itu memiliki potensi untuk memiliki empat daya, daya-tambang, daya-nabati, daya-hewani dan daya-akli. Nah, sekalipun tambang yang paling tidak aktif dibanding yang lainnya, sekalipun mereka juga super aktif karena putaran atom-atomnya tidak pernah berhenti tapi karena tidak memiliki gerak-nabati, gerak hewani dan gerak-akli, mereka para tambang itu juga memiliki ruh yang non materi dan, tempatnya ilmu.

3- Tentu saja ilmu ruh daya-tambang lebih rendah dari ilmunya ruh daya-nabati, dan daya-nabati dari daya-hewani dan daya-hewani dari daya-akli, akan tetapi semuanya memiliki ilmu.

4- Dan ilmu yang paling dasar adalah ilmu tentang Tuhan penciptanya. Jadi, semua makhluk mengetahui keMaha-an Tuhan dalam segala-galanya akan tetapi sesuai dengan kadar tinggi rendahnya ruh mereka yang berkisaran antara ruh daya-tambang sampai yang paling tinggi yaitu ruh daya-akli.

5- Allah swt sendiri dalam QS: 17:44, berfirman:

تُسَبِّحُ لَهُ السَّمَاوَاتُ السَّبْعُ وَالْأَرْضُ وَمَنْ فِيهِنَّ وَإِنْ مِنْ شَيْءٍ إِلَّا يُسَبِّحُ بِحَمْدِهِ وَلَكِنْ لَا تَفْقَهُونَ تَسْبِيحَهُمْ إِنَّهُ كَانَ حَلِيمًا غَفُورًا

"Tujuh langit dan bumi bertasbih (memuja) kepadaNya, begitu pula yang ada di dalam mereka (tujuh langit dan bumi). Tak ada suatu apapun kecuali bertasbih dengan pujian-pujian (seperti syukur), akan tetapi kalian tidak memahami tasbih mereka. Sesungguhnya Dia Maha Lembut dan Maha Pengampun."

0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.