Monday, May 29, 2017

on Leave a Comment

Sering berpindah-pindah dan menggunanakan kompas sebagai alat penentu kiblat apakah sah? Berpuasa di Norwegia apakah juga berbuka 45 menit setelah azan Sunni?

Salam ustadz .
Saya bekerja dan setiap hari pindah pindah kota bahkan negara .
Pertanyaan.
1.apakah ada manfaatnya yg bisa di ambil dari pindah pindah itu
2. Jika penentuan Kiblat menyakini dengan alat penunjuk Kiblat digital dari program Android apakah sah ....
3.penentuan buka puasanya apakah juga 45 menit setelah di nyatakan azan Sunni kemungkinan puasa saya berada di negara Norwegia.
Semoga ustadz selalu dekat dengan imam Ali Khamenei hf dan Imam Mahdi As.

SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
3 Komentar
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya:

1- Tergantung pelakunya. Kalau pelakunya melihat dan mempelajari budaya-budaya umat dan suku bangsa yang dijumpainya, dan dihubungkan dengan Tuhan dan agama serta keluasan wawasan dirinya dalam rangka sebagai alat 
ketaqwaan dan/atau tambah keimanan dan kewaspadaan, maka jelas sangat bermanfaat. Islam bahkan menganjurkan safar seperti ini. Tapi kalau tidak, maka yah.... sekalipun tidak rugipun, tapi tidak akan banyak mendapatkan manfaat atau bahkan tidak bermanfaat. Bahkan dalam kondisi-kondisi tertentu, bisa rugi. Misalnya bisa menyebabkan menipisnya, iman, taqwa, kekhusyukan dan semacamnya. 

2- Iya, sah kalau memang alatnya sudah diyakini benar, baik benar dalam penggunaannya atau sperpartnya/alat-dalamnya, belum ada yang rusak. 

3- Kalau di Norwegia, mungkin cukup menunggu sekitar 16 menit dari adzan Sunni, sepertihalnya di Iran. Sebab jauh dari katulistiwa dan berada di belahan utara bumi. Saya mohon pada antum, selalulah mengingat saya dalam doa-doa antum, terutama ketika lelah, sakit, bahagia-sedih, khusyu' dan semacamnya. Saya juga seingatku, tidak ada hari yang kulewati, yang tidak mendoakan antum semua, menawassuli antum semua dan bahkan menziarahi Karbala untuk antum semua. Semoga saja Tuhan sudi dengan Welas Asihnya, menerima semua itu dan menerima kita semua, amin.

SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Balas28 April pukul 14:16Telah disunting

Fernando Sonojoyo Amin . terimakasih ustadz .semoga ustadz selalu menjadi kesayangan Rahbar hf dan Imam Mahdi As.

SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Balas28 April pukul 18:24

Sinar Agama Amin, sama-sama.

SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Balas29 April pukul 0:54



Sumber : https://www.facebook.com/sinaragama/posts/1244963058950482




0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.