Monday, May 1, 2017

on Leave a Comment

Nikah Daim, Bagaimana lafaz akad nikah daim yg benar? Apakah akad nikah perempuan boleh diwakilkan? Apakah wajib ada saksi?

Fadli ke Sinar Agama
21 Maret
assalam ustad..
1. bagaimana lafaz akad nikah daim yg benar??
2. apakah yg mengucapkan akad nikah harus imam yg mewakili perempuan atau haruss perempuannya yg lgsung melafazkan akad nya??
3. apakah wajib ada saksi atau cukup berdua (pengantin perempuan dan lelaki) tanpa saksi???
terimakasih ustad Sinar Agama

Suka
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya: Yang paling mesti diperhatikan dalam nikah adalah bahwa kalau wanitanya bukan janda, maka wajib ijin dengan jelas pada walinya. Mesti jelas siapa calonnya, kapan kawinnya, dimana kawinnya dan dengan cara apa sert berapa maskawinnya.

1- Banyak sekali bentuk aqad nikah, diantaranya (setelah menentukan maskawinnya):

Zawwajtuka nafsiy 'alaa al-mahri al-ma'luum."

2- Aslinya si wanitanya sendiri atau walinya dengan ijinnya. Tapi bisa juga orang lain dengan cara diangkat sebagai wakil oleh si wanitanya. Dan kalau wakil atau bahkan wali yang mengawinkan, maka lafazh/shighah aqad nikah di atas, mesti dirubah sesuai dengan masing-masing keadaan apakah wali atau wakil.

3- Setelah memenuhi syarat-syarat di atas seperti ijin wali dan semacamnya, maka saksi kawin itu hanya sunnah. Yang wajib itu saksi cerai sebagaimana telah difirmankan Allah swt dalam QS: 65:2.

Fadli Assalam..

Afwan ustad, apakah diharuskan berbahasa arab untuk lafaz akad nya??


Terimakasih ustad Sinar Agama

Sinar Agama Fadli, benar wajib pakai bahasa Arab. Kalau darurat, seperti kalau tidak bisa dan tidak bisa meminta tolong kepada yang bisa, maka dibolehkan memakai bahasa lain akan tetapi wajib sama bentuk susunannya dengan yang bahasa Arabnya. Yakni memakai terjemahan bahasa Arabnya, bukan dikarang-karang sendiri bahasa lainnya itu.

Ariskoe Mahmud Salam, maaf ustad seperti apa susunannya jika dlm bahasa Indonesia

Fadli Assalam.....

Afwan ustad, pertanyaan saya sama dng sodara Ariskoe Mahmud... Seperti apa redaksi nyaa.. kata-kata nya yg dilafazkan jika berbahasa indonesia,, dan juga yg berbahasa arab.. mohon pencerahannya ustad...

Fadli Terimakasih ustad..

Fadli Salam ustad,, sy ada pertanyaan yg sdh dikirim ke inbox nya ustad... 

Terimakasih atas perhatian ustad, semoga antum sekeluarga senantiasa dalam lindungan Allah swt

Sinar Agama Baik, insyaaAllah akan segera dilihat.



Sumber : https://www.facebook.com/sinaragama/posts/1205003432946445









0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.