Sunday, November 27, 2016

on Leave a Comment

jika kita mendapati orang yg sedang sholat dgn menggunakan kuku jempol sebagai alas dahi (karna tidak menemukan turbah, batu atau kertas, atau tidak sempat meminjam) bolehkah kita meletakkan turbah ditengah2 sholatnya?

Link : https://www.facebook.com/sinaragama/posts/1054682207978569



Salam Ustadz, jika kita mendapati orang yg sedang sholat dgn menggunakan kuku jempol sebagai alas dahi (karna tidak menemukan turbah, batu atau kertas, atau tidak sempat meminjam) bolehkah kita meletakkan turbah ditengah2 sholatnya?
Syukron before,
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya: Kok bisa tidak ada alas dahi? Bukankah di mana-mana ada daun, kertas, batu, bata, genteng dan semacamnya?

Kalau semua itu masih didapatkan, maka kita tidak boleh shalat dan/atau tidak boleh meneruskan shalat dengan sujud di atas hal-hal yang tidak boleh kalau waktu shalatnya masih panjang. Jadi, kalau di tengah shalat batunya ada yang ambil, maka wajib menghentikan shalatnya dan mencari alas sujud baru shalat lagi dari awal.

Kalau kita tidak memilikinyapun maka tidak boleh meneruskan shalatnya dengan langsung sujud ke atas punggung tangannya, sebab urutannya adalah sujud ke atas bajunya dulu. Kalau tidak punya baju, maka baru sujud di atas punggung tangan. Kalau tidak punya punggung tangan, baru bisa sujud di atas barang tambang. Itu kalau yang sah dibuat sujud tidak ditemukan dan waktu shalatnya sudah mau habis.

Jadi, orang yang antum dapati sujud di atas punggung tangannya itu, memiliki beberapa kemungkinan:

a- Tidak tahu hukum. Di sini maka tidak ada gunanya antum beri turbah sebab shalatnya dari awal sudah batal. Jadi, tugas antum adalah mengajarinya setelah shalatnya selesai tentang hukum di atas itu dan menyuruhnya untuk mengulang shalatnya.

b- Taqiah. Nah, di sini antum sama sekali tidak boleh mengganggunya dalam bertaqiah.

c- Antum tidak bisa pastikan apakah dia taqiah atau tidak, maka poin (a) itu yang antum lakukan.

Zhaluman Jahulan Syukron jawabannya ustadz, kejadiannya pd Peringatan asyura kemarin saat sholat dzuhur ada ikhwan yg terlambat sholat disebelah sy tanpa alas apa2, sy pikir tadinya sunni, stlh sholat sy perhatikan ternyata pk kuku jempol buat alas dahinya, tdinya sy mau menaruh turbah tpi ragu krn blm tau fikihnya, klo di sunni dulu sih sah2 aja berbagi sajadah walaupun gak ada dalilnya hehe..
Syukron Ustadz sdh menambah pengetahuan sy, semoga selalu diberi-Nya kekuatan utk terus mencerahkan umat. Amiin






0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.