Monday, November 21, 2016

on Leave a Comment

Bagaimana hukum memakai software bajakan semacam microsoft windows, office, dll. apakah halal? sementara kalau beli yg original, harganya sangat mahal. tks

Link : https://web.facebook.com/sinaragama/posts/1042956482484475


salam. mau tanya ustadz tentang hukum memakai software bajakan semacam microsoft windows, office, dll. apakah halal? sementara kalau beli yg original, harganya sangat mahal. tks
Suka
Komentari
3 Komentar
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya: Kalau buatan Amerika dan Israel yang tidak pernah menghormati ribuan nyawa muslimin selama ini, tidak merugikan negara sendiri (Indonesia) secara serius, dan tidak membahayakan antum dan muslimin, maka saya memahami bahwa pekerjaan itu tidak berdosa.

Ibnu Zakaria ustadz Sinar Agama. Mau tanya lagi.
1. Bagaimana jika software itu buatan Amerika, tetapi milik perorangan. Maksud saya, software itu dijual oleh perorangan. Apakah boleh kita pakai?

2. Hal yang lain lagi, kita tertarik pada suatu software di internet (kita tidak tahu apakah yang jual orang amerika atau bukan). Tetapi karena harganya mahal, lalu kita membeli secara odong-odong (keroyokan). Contoh harganya $1000, lalu saya ajak 9 teman lainnya ikut beli masing-masing bayar $100. Karena lisensi software tsb unlimited, maka kami yang ber-10 orang tadi bisa menggunakan software tsb. Apakah membeli dengan cara odong-odong ini halal?

Sinar Agama Ibnu Zakaria, :

1- Kalau mencuri software dari satu orang yang menjadi miliknya, jelas tidak boleh. Kecuali kalau orang itu tangan-tangan pemerang Islam/muslimin seperti Amerika sendiri, yakni bukan sekedar pembisnis yang tidak mengerti (misalnya karena di madzhabnya tidak diharamkan berjual beli dengan Amerika dan pemerang Islam/muslimin yang lain).

2- Jelas tidak masalah dengan contoh soal yang ditanyakan. Sebeb selain masalah pemusuh dan pemerang Islam/muslimin, juga antum sudah katakan bahwa lesensi yang saya pahami regester-nya tidak terbatas.

Ibnu Zakaria syukran ustadz







0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.