Sunday, June 19, 2016

on Leave a Comment

Penjelasan tentang akal satu atau Nur Muhammad

Link : https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=944890915624366&id=207119789401486

Edo Saputra ke Sinar Agama
17 Mei
Salam ustd sinar agama semoga antum dan keluarga senantiasa di berikan kesehatan..amin.
Ada beberapa catatan ustd yg blm sy pahami sampai sekarang
Di antaranya :
(1) Apa persamaanya Akal satu dgn nur muhamad?
(2) apakah akal satu yg pertama di ciptakan tuhan sama dgn akal akal manusia??
(3) bg mn cara memahami akal satu itu??
(4) dari akal satu sampai sembilan tingkataan akal itu, bg mn membedakanya??
Dan siapa nama2 yg telah mencapai derajat tertingi itu??
(5) waktu sy di suny saya sering mengirim al fateha dgn malaikat mukorobin, siapakah malaikat mukorobin tersebut??
Apakah malaikat mukorobin itu salah satu malaikat yg menempati alam akal tersebut??
Demikianlah ustd beberapa pertanyaan saya, semoga ustd tdk bosan membagi ilmu kpd saya yg membutuhkannya..
Sekian dan terima kasih.
Wasalam..
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya: Sebenarnya mungkin yang paling banyak pengulangan penjelasan tentang sesutu di ruang diskusi kita sejak tahun 2010-an itu diantaranya adalah masalah Tiga Alam, yaitu Jabaruut (akal), Malakuut (barzakh) dan Naasuut (materi). Misalnya kalau kita bicara tentang Pokok-pokok dan Ringkasan Ajaran Syi'ah, Khalifatullah, KeAdilan Tuhan, Empat Perjalanan, Nur Muhammad, Tidak Adanya Penaqdiran atau Penasiban dalam Islam, Kedudukan Fantastis Imam Makshum as, Nabi Adam as, Surga Neraka, dan lain-lain. Saya akan mengulanginya secara global lantaran sudah sangat terinci di sana. Kalau antum sudah ambil program Android Sinar Agama, coba antum cari catatannya di jilid Kamus Isi, lalu masuk pada pencarian Lewat Kata, lalu cari kata-kata seperti Akal, Alam, Jabaruut, Malakuut, Naasuut, Khalifah, Ajaran, Syi'ah, Ikhtiar, Suluk, Perjalan, Nur, dan semacamya.

Banyaknya pengulangan itu lantaran tiga alam tersebut berhubungan dengan seluruh pengetahuan dan keimanan kita pada apa saja yang berhubungan dengan Tuhan dan Penciptaan serta hakikat manusia, proses perjalanannya dan surga nerakanya.

Karena sudah teramat sering dijelaskan maka saya akan mengulangi dalam ringkasan saja, yaitu tanpa dalil atau dalil rinci terhadap tiga alam di atas. Jadi, anggap saja sudah memahaminya dan sekedar memberikan ingatan saja. Karena itu, jawaban saya adalah:

1- :

a- Akal Satu adalah, awal makhluk yang diciptakan Tuhan yang darinya yang darinya terlahir (tercipta atau terakibatkan) Akal-dua, dari Akal-dua lahir Akal-tiga dan seterusnya sampai ke Akal-akhir yang disebut Lauhu al-Mahfuuzh dan 'Arsy. Kemudian darinya tercipta Alam Malakuut atau Alam Malaikat yang juga disebut Alam Ide, Alam Barzakh dan semacamnya. Lalu darinya tercipta Alam Materi yang juga disebut dengan Naasuut/nasut.

b- Nur Muhammad adalah Ilmu tentan hakikat Muhammad yang diketahui Allah swt sejak awal. Yaitu akan sampainya Nabi saww pada derajat Akal-satu.

Jawaban Soal:

- Persamaannya adalah Akal-satu adalah awal ciptaan dan pada waktu itu dia sekaligus adalah ilmu tentang Muhammad karena itu dikatakan Nur Muhammad, yaiitu bahwa Muhammad saww akan sampai ke derajat Awal Ciptaan tersebut.

- Bedanya adalah, kalau fadhilah Akal-satu semata-mata diberi Allah tanpa ikhtiar, sedang Nabi saww mencapainya dengan ikhtiar. Masih banyak perbedaan lainnya.

2- Akal adalah makhluk non materi mutlak. Barzakh adalah non materi tidak mutlak, Materi adalah materi mutlak. Materi adalah yang terikat dengan ruang, waktu dan gerak. Barzakh adalah tidak terikat dengan ruang, waktu dan gerak akan tetapi memiliki beberapa hal yang berhubungan dengan materi seperti warna, bentuk, rasa dan semacamnya, seperti kalau kita melihat sesuatu di alam mimpi dimana semua ciri-ciri materi selain bendawiahnya selain materialnya, ada di dalamnya. Akal adalah yang tidak terikat dengan ruang, waktu dan gerak serta tidak memiliki apapun hal-hal yang berhubungan dengan materi sama sekali.

Jawaban Soal: Akal bukan akal manusia seperti yang sudah sering dijelaskan. Tapi memiliki kemiripan dari beberapa segi. Rinciannya lihat catatan yang menerangkan Tiga Alam yang ada pada diri manusia yang disebut dengan Alam Menyambung.

3- Cara memahami dengan memahami sistem sebab akibat, syarat-syarat sebab-akibat, mengerti tentang Tuhan dan semacamnya hingga dapat dipahami bahwa tidak mungkin ciptaan awal itu lebih dari satu dan memiliki rangkapan sebab akan membuat Tuhan juga lebih dari satu atau satu tapi terangkap. Lihat catatan yang sudah sering disampaikan tentang pembuktian adanya Akal-satu ini.

4- Beda Akal-satu dan Akal-akal berikutnya adalah yang di atas sebab perantara Tuhan untuk keberadaan Akal berikutnya. Makhluk Akal ini tidak bisa dibatasi sepuluh sebagaimana yang diyakini filosof-filosof lama dan sudah sering atau pernah dijelaskan. Silahkan merujuk ke catatan-catatan sebelumnya.

Siapa saja bisa sampai ke Akal tertinggi, yaitu Akal-satu. Bahkan yang sampai ke sana bukan orang yang tinggi sekali. Sebab wali terkecil yang baru mencapai fanaa', harus sampai di sana. Akal-satu itu baru akhir Perjalanan Pertama dari Empat Perjalanan para pesuluk, yaitu Perjalanan dari Makhluk ke Khaliq. Perjalan ke dua dari Khaliq ke Khaliq, Perjalan ke Tiga dari Khaliq ke Makhluk bersama Khaliq dan Perjalanan Empat dari Makhluk ke Khaliq Bersama Makhluq atau Perjalan dari Makhluq ke Makhluq Bersama Khaliq.

Maqam para nabi/rasul dan imam, ada di Perjalan Empat. Karena itu sudah dapat dibayangkan siapa-siapa saja yang sampai ke Perjalanan Pertama yaitu yang sampai ke Akal-satu tersebut.

5- Makhluk-makhluk Akal itu disebut dengan Jabaruut, Surga Muqarrabiin, Malaikat Tinggi dan semacamnya. Sedang Barzakh disebut dengan Malakuut, Alam Malaikat, Surga-neraka dan semacamnya. Kalau mau disebut dengan Malaikat Muqarrabuun juga bisa. Wassalam.
SukaBalas218 Mei pukul 9:37

Edo Saputra syukron lilah ustd..
Insya Allah akan sy pelajari kembali ilmu yg di berikan ustd.
SukaBalas118 Mei pukul 9:47

Edo Saputra Ustd sinar agama

Menurut catatan ustd "nur muhamad" adalah mahluk pertama yg di cipta tuhan secara langsung terus bgmn dg pendapat al quran yg mengatakan tentang penciptaan adam dan hawa manusia pertama yg di ciptakan tuhan secara langsung??

Berarti kita meyakini ada dua mahluk yg di cipta secara langsung oleh tuhan.
(1) - Allah menciptakan nur muhamad

(2) - Allah menciptakan adam hawa secara langsung dgn tanah yg kering??

(3) - mn yg lebih dulu yg di ciptakan tuhan. "Nur muhamad apa adam dan hawa ??

Ada kontradisi dlm hal ini
Mohon pencerahan...

Sinar Agama Edo Saputra, antum mau bicara penciptaan alam atau manusia? Mana duluan dicipta antara nabi Adam as dan tanah, air, bumi, alam semesta, surga, tetumbuhan, hewan-hewan dan seterusnya?

Edo Saputra Afwan ustd.

(1) -Yg ingin saya tanyakan tentang penciptaan nabi adam dan siti hawa itu ustd , apakah nabi adam dan siti hawa itu di cipta secara langsung oleh Allah swt dari tanah yg kering tanpa melalui proses..?

(2) - Kalau memang adam dan hawa di ciptakan secara langsung tanpa melalui proses di alam manakah Allah menciptakan adam dan hawa tersebut?

(3) - lebih dulu mn Allah mencipta Adam apa Alam ini??

Sinar Agama Edo Saputra,

1- 2- Ketika dikatakan dari tanah dan di bumi, berarti tidak langsung.

2- Wong dicipta dari tanah, kok masih bingung mana yang lebih dulu. Sudah tentu jutaan tahun lebih dulu alam dan bumi sebelum diciptakan nabi Adam as.

Orlando Banderas He..he..kalau Nabi Adam lebih dulu sementara dicipta dari tanah, pasti tanahnya (alamnya) ada dulu sebelum Nabi Adam dicipta.Lihat Terjemahan

Edo Saputra Oh gitu baru faham ustd..syukran..

0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.