Monday, September 5, 2016

on Leave a Comment

Mohon petunjuk menghadapi orang tua yang berumur lanjut tetapi sering bertingkah laku aneh seperti anak-anak. surat apa yang perlu dibacakan?

Link : https://web.facebook.com/sinaragama/posts/993767287403395?_rdr

Salam ustads. Mohon petunjuk. Ibu mertua saya diperkirakan umurnya 98/ 99 thn. Akhir2 ini kelakuannya seperti anak2 , dah tak kenal orang. Tidak ada makanan yg bisa masuk. Herannya kadang2 tenaganya kuat. Sampai pempersnya ditarik2 .istri saya yg slalu menjaga. Dan minta bantu agar dibacakan ayat2 Al Qur.an. Pertanyaan saya. Bagai mana sebaiknya ustads? Surat apa saja yg harus saya bacain? . Sukron
Suka
Komentari
Komentar

Adlimi Lamsuan Oh ya ustads .istri saya ada di kampung(sumatra). Saya dibekasi

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya: Saya tidak mengerti pembacaan ayatnya itu untuk apanya? Untuk merubah tingkah lakunya (sebagaimana bisa diperkirakan lebih jelas) atau karena menjelang akhir-akhir hayatnya (sebagaimana bisa dimungkinkan walau kecil). Kalau untuk tingkah laku, mungkin hal itu sudah tabiatnya. Tapi karena Tuhan itu tidak mebatasi jenis doa secara umum, maka saya anjurkan:

a- Berilah makanan yang dibumbui kemiri, tapi kalau makannya sedikir maka kemirinya juga jangan terlalu banyak. Misalnya, sekali makan, misalnya bubur, campuri setengah kemiri.

b- Banyak istighfar, terutama di pagi menjelang adzan Shubuh.

c- Bacakan surat-surat seperti Faatihah, Tauhid, Al-Falaq, Al-Naas.

d- Bacakan banyak shalawat.

e- Tawassul pada Imam Mahdi as walau pendek seperti mengucap salam pada beliau as dan meminta bantuan setelah salam, atau mengatakan "Ya Mahdi, adriknaa."

f- Salam kepada Nabi saww dan Hdh Faathimah as dan meminta bantuan mereka as untuk memohonkan keringanan dan bantuan kepada Allah untuk ibu dan yang merawatnya.

g- Semua bacaan di atas itu bisa dilakukan siapa saja walau jauh dari sang ibu yang diaksudkan. Paling bagus dilakukan oleh yang menjaga. Ingat, apapun beratnya menjaga orang tua, sama sekali tidak akan sampai pada secuil dari jasa orang tua kepada kita. Ingat juga bahwa merawat itu adalah kewajiban yang tinggi dan berpahala. Mesralah dalam duka dan sedikit banyaknya penderitaan di dunia ini, karena hal itu memang dibuat Tuhan untuk meninggikan derajat kita dan mengampuni dosa-dosa kita. Semoga antum, istri dan sang ibu mertua serta semua keluarga dan semua teman-teman facebook ini beserta keluarganya masing-masing, selalu dalam hidayah, inayah, pertolongan, perlindungan dan ampunanNya, amin.

Raihana Ambar Arifin Allahumma sholli ala Muhammad wa Aali Muhammad.

Raihana Ambar Arifin oh iya usd. perihal kemiri sy beberapa kali menemukan dlm catatan ustd. apakah makan kemiri ini ada dalam hukum fikih/fatwa atau ada riwayat anjuran trims

Ali Asytari Mesrahlah dlm duka.....
Krn itu dibuat oleh Tuhan untuk meningkatkan derjat.....

Wah....sungguh menarik.
Betul2 pelajarn berharga.krn,sy sering mengeluh klw ada derita2 dunia.sperti sakit,kesusahan ekonomi,anak yg bandel,....dll.

Trims banget ustad sinar agama.

Adlimi Lamsuan Terma kasih ustads. Umur 98/99 thn, kemungkinan menjelang ajal ustads . Itulah makanya istri .saya suruh tungguin terus.dan apa sebaiknya saya bacakan untuk menolong meringankan ibu mertua? . Sukron ustads Sinar Agama Quote

Sinar Agama Raihana Ambar Arifin, ada di hadits anjuran makan kemiri. Dan ketika diselidiki maka salah satu kebaikannya adalah untuk menyehatkan otak. Biasanya di haditsnya dianjurkan untuk dimakan dengan keju.

Sinar Agama Adlimi Lamsuan, kalau menjelang ajal, maka yang bagus adalah dibacakan Qur an, terutama surat Yaasiin. Semoga beliau dalam pelukan kasih sayang Allah dan ampunanNya, amin.

Adlimi Lamsuan sukron Ustads.

Dedy Hadi Ustad...klu bawang putih dlm kisah nabi Musa utk apa ya...sukron 

Sinar Agama Dedy Hadi,:

1- Fuum dalam ayat yang bersangkutan dengan nabi Musa as, diartikan dua hal: Pertama bawang putih. Ke dua, gandum.

2- Secara umum di tafsir-tafsir dijelaskan sebagai makanan.

3- Saya tidak/belum menemukan secara khusus tentang bawang putih digunakan apa di jaman nabi Musa as selain dari bahan makanan.

4- Dalam hadits-hadits Islam bawang putih memilik fadhilah seperti menyehatkan, mengobati 70 macam penyakit dan semacamnya. Tapi ada juga riwayat yang menerangkan bahwa jangan masuk masjid kalau sudah memakannya (maksudnya sebelum hilang baunya). Ada juga hadits yang menyarankan untuk tidak memakannya kecuali dimasak terlebih dahulu.

Dedy Hadi Sukron ustad.




0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.