Monday, September 5, 2016

on Leave a Comment

Apakah termasuk berbohong dan berdosa kalau memalsukan identitas di Facebook?

Link : https://web.facebook.com/sinaragama/posts/993870797393044?_rdr#

salam ust. maaf mau bertanya.
1. apakah termasuk berbohong dan berdosa kalau memalsukan identitas di fb misal tempat tinggal di jakarta tapi di tulisnya di jogja
2. apakah bisa mandi sunah jumat ketika wanita sedang haid.
trims
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya:

1- Sama sekali tidak. Emangnya mau bisnis he he. Atau emangnya mau menipu orang dari sisi harta, benda, harga diri dan semacamnya? Facebook bukan KTP he he. Kalau ingin lebih selamat, maka tauriah saja. Misalnya berniat dalam hati, kalau saya boleh bohong maka saya akan mengisi data sebagai berikut, .... lalu isi. Ingat, tauriah ini bisa dilakukan kalau tidak merugikan orang lain tentunya.

2- Saya sudah cari di beberapa kitab fiqih tapi belum ketemu dan memang tidak pernah ingat kalau pernah membacanya. Secara kaidah, kalau ingin dilakukan juga, maka niatkan sebagai rajaa' (mengharap yang benarnya dan/atau mengharap ridha dan pahala Allah). Saya masih konfirmasikan kepastiannya. Semoga ktia semua selalu menjadi hambaNya yang taat padaNya, dihidayahi dan diampuniNya, amin.

Raihana Ambar Arifin Amin YaAllah. tambah lagi ustd. kalau mendi besar menyiramnya apakah ada aturan berapa kali seperti wudu gak ustd. dan kalau menyutamnya misal pettama kepala dan lehet tapi airnya melebihi leher dan ketila sebelah kanan di siram airnya sampai ketubuh bagian kiri, kalau seperti itu bgmn ustd. trims

Sinar Agama Raihana Ambar Arifin, tidak ada aturan jumlah penyiraman dalam mandi besar. Begitu pula tidak masalah air yang disiramkan ke anggota sebelumnya menyebar ke anggota setelahnya kalau tidak diniati sebagai penyiraman mandi besar pada anggota setelahnya. Jadi, tidak usah membungkuk-bungkuk ketika menyiram anggota pertama (kepala dan leher).



0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.