Sunday, July 31, 2016

on Leave a Comment

Mimpi gigi copot semua apa maknanya?

Link : https://web.facebook.com/sinaragama/posts/962445227202268

Salam ustad ingin bertanya berkenaan mimpi,
Kemarin malam saya bermimpi gigi saya tanggal semua,sehingga tidak mempunyai gigi seperti orang yg sudah sepuh,tapi setelah itu gigi baru tumbuh kembali.mohon tafsiran nya ustad,
Syukron .
Wassalam.
Suka
Komentari
Komentar

Ali Asytari Maaf...sekitr dua bulan yg lalu...aku jg mimpi sperti km yaitu gigi copot semua dn yg tersisa hanya dua.sy watku itu mulai sakit2an.ternyata sakit sy mau parah dn istirahat penuh dirumah sekitar satu bulan lebih.
Sy ga tau apakah ada hubngnx dg mimpi sy itu.
Tp..menurut ustd....lebih baik banyak zikir ,solawat dan sedekah.
Tp...sekali lg itu blm pasti.

اهلولبايت مازلوم Ia, sepertinya harus melalukan hal hal diatas, syukron akhy .

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya:

1- Saya sudah berkali-kali mengatakan bahwa saya tidak ahli tafsir mimpi. Karena mimpi itu selalu sesuai dengan keadaan para pemimpinya. Mimpi yang sama bisa berlainan makna kalau keadaan jiwa, iman dan taqwa daripemimpinya berbeda.

2- Kalau saya sering memberikan takwilan itu hanya karena adanya informasi yang teramat sedikit dan betul-betul hanya ingin mengharap kebaikan dari Allah dengan berbaik sangka padaNya.

3- Ada lagi penyebab sulitnya menakbir mimpi, yaitu sesuai dengan keadaan setiap manusia, maka takbir/jalan yang bisa mengantarkan ke makna mimpinya berbeda-beda, ada yang satu lapis, dua lapis atau lebih. Kalau api itu artinya, harta (anggap saja begitu), maka kalau lapisan tafsirannya sesuai dengan kondisi yang bermimpi itu -katakanlah- dua lapis, maka bermimpi api bukan maknanya, melainkan mimpi harta yang mesti ditakwilkan. Nah, kalau mimpi harta arinya -katakan- ilmu, maka bermimpi api maknanya adalah ilmu. Kan jauh. Jadi, teramat sulit menakbir mimpi kecuali arif yang tahu batin orang yang bermimpi.

4- Atas dasar semua itu (termasuk tidak saling kenalnya kita karena berjauhan) maka ana akan meraba makna mimpi antum itu sebagai berikut:

a- Mungkin antum akan mengalami perbaikan dan pemajuan dalam argumentasi pada ilmu-ilmu yang sebelumnya, seperti ilmu akidah, fiqih, sosial, politik dan semacamnya.

Hal itu karena gigi bisa saja diraba sebagai kekuatan berdalil. Ketika rontok dan tumbuh yang baru, bisa dirabakan sebagai akan mengalami perubahan dan perbaikan pada argumentasi-argumentasi sebelumnya.

b- Kalaulah bukan ilmunya, bisa saja pada cara memandang ilmunya. Kalau dulu kurang mengunyah-ngunyah (kurang lama membanding-bandingkan), tapi sekarang bisa lebih sabar dan ulet hingga bisa mendapat ilmu yang lebih benar pemahamannya.

c- Bisa saja dirabakan bahwa antum akan mengalami ujian dengan tambahan kredibilitas dalam keluarga dan masyarakat. Karena itu mesti lebih hati-hati menggunakan kredibilitas itu hingga tidak keluar dari jalan Allah swt, yakni tidak keluar dari akidah dan fiqih.

Sinar Agama .

Tambahan:
Seperti yang dikatakan mas Ali, apapun itu, banyak istighfar dan shalawat serta sering bersedekah dan berdoa, adalah hal yang selalu baik untuk mendatangkan kebaikan dan menepis bala/bencana.

اهلولبايت مازلوم Syukron sangat ustad, atas tafsiran,takwilan dan rabaannya. Wassalam.

0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.