Monday, July 25, 2016

on Leave a Comment

Hukum Kausalitas dan Keterikatan Tuhan.

Link : https://www.facebook.com/sinaragama/posts/959995117447279

Shadra Hasan ke Sinar Agama
12 Juni
salam. mohon masukannya. saya mau masukin judul skripsi. saya ingin buktikan konsep KeTuhanan melalui Kausalitas, bagaimana kira2 bahasa yg pas untuk judul skripsiku ini?
Trims ust.
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya: Mungkin ini: Hukum Kausalitas dan Keterikatan Tuhan.

Sebab di alam saudara Sunni, Tuhan tidak dimasukkan dalam kausalitas lantaran bisa menyebabkannya terikat. Karena itu, kalau memang seperti itu di jaman sekarang di bumi pertiwi kita, maka judul itu akan membutkikan bahwa:

a- Tuhan hanya bisa diyakini dengan pelacakan sistem dan hukum sebab akibat. Sebab tanpa rumus sebab akibat ini, maka pembuktian yang lainnya tidak akan bisa diyakini, seperti argumentasi keberaturan alam, fitrah dan semacamnya, bahkan wahyu.

b- Tuhan tidak akan terikat dengan sistem sebab akibat tersebut. Karena sistem itu justru Dia sendiri yang membuatnya. Begitu pula justru karena Dia sebab bagi seluruh sebab itulah maka Dia tidak terikat.

c- Sistem sebab akibat itu pada hakikatnya batu loncatan mengenali Tuhan. Sebab akibat itu bukan suatu peraturan hingga akan mengikat Tuhan, melainkan suatu realitas nyata yang menceritakan keberurutan ada sejak dari Sebab Pertama yaitu Tuhan, sampai pada akibat-akibat atau makhluk-makhlukNya sampai detik hari ini.

0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.