Sunday, July 31, 2016

on Leave a Comment

Bolehkan mengalihkan anggaran biaya perusahaan dari rental motor ke beli kulkas untuk kantor? Bagaimana jika kita takut mati apakah kita berdosa?

Link : https://web.facebook.com/sinaragama/posts/961942270585897

Salam. Semoga Ustadz selalu berada dalam rahmat dan rida-Nya. Afwan Ustadz, ada beberapa hal yang ingin ditanyakan.
1. Kalau kita diberi jatah untuk ngerental motor 2 buah dalam sebulan. Akan tetapi, pada bulan ini si yang punya motor tersebut, ingin menggunakannya dulu. Bulan depan sih direntalin lagi. Nah, kebetulan keperluan motor untuk bulan ini karena bulan puasa juga sedikir berkurang. Jadi, dengan satu motor saja kegiatan kantor bisa berjalan dengan baik. Jadi, tidak perlu nyari motor pengganti. Pertanyaannya. bolehkah kita menggunakan uang untuk rental tersebut dialihkan untuk beli kulkas karena kulkas itu diperlukan dalam mes. Dan kalau diajukan lagi biasanya ribet. Bolehkah seperti itu Ustadz? Jadi kuitansi ke kantor pusatnya tetap buat rental motor? Sebagai informasi tambahan, bosnya itu nonmuslim.
2. Kalau kita sedang sakit atau mau naik pesawat suka ada perasaan takut meninggal. Kita takut meninggal dengan alasan masih meninggalkan anak-anak yang masih kecil dan yang paling ditakutkan itu karena belum siapnya karena banyak dosa. Nah, untuk mengatasi hal itu, bolehkah kita berpikir bahwa kalau kita ngga rida ketika meninggal akan bertambah dosanya yaitu tidak rida ketika meninggalnya itu?
Syukron
Suka
Komentari
Komentar

Andri Kusmayadi Afwan Ustadz ketinggalan. Seandainya saya bilang gini boleh ngga? Karena di mes itu ada 4 orang, yang setuju 3 dan yang ga setuju saya sendiri. Saya akan bilang kalau saya tidak setuju, tapi saya tidak akan melaporkan ke kantor pusat. Silakan jalan dengan pendapat mayoritas. Nah kalau seandainya kulkasnya jadi dibeli, apakah saya halal/haram memakan/meminum makanan/minuman yang ada di dalam kulkas tersebut? syukron...

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya:

1- Tidak boleh.

2- Sepertinya hanya aulia' yang ridha dengan kematian. Tapi yang lain mungkin terasa berat. Tapi kalau sudah sakarat, kalau kita direjeki-i kedatangan Makshumin as seperti yang dijanjikan mereka as, maka akan sangat tidak berat dan akan sangat menyenangkan. Semoga kita semua layak didatangi mereka as.

Jawaban Soal: Kalau maknanya tidak rela, maka tidak boleh dan bisa memberatkan kelak di akhirat. Kalau berat, takut dan/atau masih ingin puas di dunia, maka tidak terlarang walau kurang baik.

3- Saya yakin tidak halal.

Andri Kusmayadi Ustadz, yang layak didatangi Maksumin as itu kriterianya apa? trus saya juga pernah nonton video di youtube kalau maksumin itu datangnya ketika di alam kubur? syukron...

Sinar Agama Andri, secara lahiriah yang akan dikunjungi itu adalah yang beriman kepada mereka as. Dan mereka as juga bisa datang di kuburan. Tapi mana ada divideokan? Non materi kok divideokan, raksyih antum ini.

Andri Kusmayadi hehe...ngga itu cuma film ustadz penggambaran di alam kubur...syukron ustadz...ahsantum...
SukaBalas17 Juni pukul 22:44Telah disuntingTulis balasan...

0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.