Wednesday, April 5, 2017

on Leave a Comment

Ketika dalam keadaan junub, Bolehkah membaca doa kumayl? Bolehkan membaca Alquran lebih dari 7 ayat? jika berhubungan suami istri dua kali apakah mandi junubnya 2 kali juga?

Salam.
Tanya ustadz:
1. Bila seseorang yang dalam keadaan junub, misalkan membaca doa Kumail atau doa Tawassul baik sendirian atau berjamaah, boleh atau tidak?
2. Bila seseorang yang dalam keadaan junub membaca ayat-ayat al-Qur'an lebih dari 7 (tujuh) ayat, boleh atau tidak?
3. Misalkan pada malam pertama seorang suami menggauli istrinya, tetapi suami tersebut tidak langsung mandi janabah. Kemudian pada malam kedua, suaminya tersebut kembali menggauli istrinya. Apakah dalam contoh kasua ini, suami tersebut harus mandi janabah sebanyak dua kali atau cukup satu kali saja?
Trims. Ust. Sinar Agama.
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya:

1- Boleh.


2- Boleh tapi makruh. Tentu selain surat yang ada wajib sujudnya, yaitu surat: Sajdah, Najm, Fushshilat dan al-'Alaq. 

Catatan:
Yang makruh lebih dari tujuh ayat itu, karena bertemu sunnah yaitu sunnah membaca Qur an, maka bisa dimaknai bahwa pahalanya berkurang, bukan berarti lebih baik tidak baca Qur an.

3- Cukup satu kali. Tapi kalau jenis mandinya berbeda, misalnya yang pertama karena junub/janabah lalu yang ke dua kerena menyentuh mayat, lalu yang ke tiga karena Haidh dan nifas, maka dalam hal ini wajib mandi sebanyak sebab mandi besarnya itu. Tapi bisa diringkas dengan satu mandi akan tetapi dalam niatnya wajib meniatkan semuanya, misalnya -kalau diucapkan-: "Aku mandi besar disebabkan janabah, menyentuh mayat, haidh dan nifas, karena Allah."

Hikmah Karbala'i Ustadz, kalau mandi besarnua karena menyentuh mayat, haidh & nifas, apakah boleh atau tidak diringkas satu kali mandi dengan niat semua mandi besar tersebut (mandi karena menyentuh mayat, haidh & nifaa) atau mandi tersebut harus secara terpisah/sendiri-sendiri? Trims.

Sinar Agama Hikmah Karbala'i, coba baca lagi jawaban di atas.

Hikmah Karbala'i Ustadz, kalau niat karena Allah & niat qurbatan ilallah apakah sama saja?

Sinar Agama Hikmah Karbala'i, sama saja maksudnya dan sama pula hukumnya.





Sumber : https://www.facebook.com/sinaragama/posts/1179625015484287



0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.