Saturday, October 31, 2015

on Leave a Comment

Tentang humus, tayamum dan bacaan surat dalam sholat

Sumber : https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=825593277554131&id=207119789401486


Salam. Mau tanya.
Kalau saya punya uang tapi saya ragu apakah saya punya tanggungan khumus atau tidak, bisakah saya niatkan bahwa kalau khumus sudah tidak ada tanggungan lagi maka selebihnya untuk hutang2 lain spt hutang ke orang lain yg tidak ketahuan orangnya atau hutang apapun yg terkait dg uang ? Kalau bisa, bagaimana niatnya ?
Terima kasih.
Suka   Komentari   
Dadan Gochir menyukai ini.
Komentar
Orlando Banderas 2. Setiap karyawan harus menyisihkan uang untuk jaminan hari tua atau jaminan sosial tenaga kerja (Jamsostek). Setelah beberapa tahun, uang itu bisa dicairkan hanya beberapa persen. Pertanyaannya apakah harus dikhumuskan uang itu 2.5% saat uang itu keluar atau harus menunggu tanggal awal pembayaran khumus?
3. Karena waktu sempit maka mandi wajib diganti dengan tayamum. Apakah tayamum itu mengandungi wudlu atau harus tayamum lagi sbg pengganti wudlu?
Terima kasih.

Orlando Banderas 4. Dalam sholat , ada surat yg dibaca setelah baca Fatihah, tidak boleh diputus setelah mulai membaca, yaitu Al-Ikhlas dan Al-Kafirun. Apakah hanya 2 surat itu saja yg tidak boleh diputus atau ada surat lain?

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya:

1- Tidak bisa. Sebab tanggungan ke orang lain yang diketahui orangnya wajib dikembalikan kepada orangnya dan kalau tidak ketahuan maka wajib diberikan kepada orang Syi'ah yang fakir/miskin. 


2- Uangnya setiap keluar wajib dikhumusi. Tapi antum dapat ajaran dari mana khumus 2,5 % itu?

3- Kalau tayammumnya sebagai pengganti mande besar junub, maka sudah mengandungi wudhu'.

4- Benat demikian. Tapi untuk surat yang lainpun, kalau sudah terbaca separuhnya, tidak boleh dirubah ke surat lainnya.

Orlando Banderas Jazakallah Ustadz. Nomor 2 salah tulis. Seharusnya 20%.

Orlando Banderas Ustadz, untuk no.2 berarti khumus itu harus dikeluarkan langsung saat itu juga waktu uang pencairan jamsostek itu keluar, jadi tdk perlu menunggu tanggal awal pembayaran khumus ?

Sinar Agama Orlando, kan yang ditunggu ke akhir tanggal khumus itu kalau belum melewatinya. Lah, kalau sudah bertahun-tahun di tabungan, maka dianya sudah melewati sekian kali tahun khumus.

Orlando Banderas Jazakallah Ustadz

0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.