Friday, December 30, 2016

on Leave a Comment

Walimah dalam fiqih syiah. Apakah yang dilakukan pada acara khitanan dan doa apa yang dianjurkan saat syukuran tersebut?

Link : https://web.facebook.com/sinaragama/posts/1110085412438248



Salam
Apakah yang dilakukan pada acara khitanan dan doa apa yang dianjurkan saat syukuran tersebut?
Trims sut Sinar Agama
Suka
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya:

1- Yang secara umum disunnahkan membuat walimah (undangan makan) dalam Islam ada lima (atau lebih) perkara: Kelahiran anak, khitan, menempati rumah baru, pernikahan, aqiqah (dan lain-lain).

2- Walimah kelahiran anak, tidak mesti di hari pertama kelahiran. Bisa diundur beberapa hari. Dan kalau disamakan di hari ke tujuh dengan hari walimahnya khitan, dengan niat dua walimah, maka insyaaAllah akan mendapatkan dua kesunnahan. Begitu diterangkan di kitab fatwa.

3- Mungkin juga, kalau diniatkan tiga walimah dengan aqiqahnya juga sekaligus di hari ke tujuh itu, dengan niat ingin mendapatkan pahala tiga walimah dari Allah, maka insyaaAllah juga bisa mendapatkannya. Tapi hal ini hanya perkiraan saya dan tidak ditulis di kitab yang saya baca tadi (bisa saja ada di kitab fatwa yang lain).

4- Anjuran yang umum adalah undangan makan. Tapi kalau diselingi dengan seperti bacaan doa atau hadits kisaa' atau tawassul atau majils ilmu sebelum doa untuk si anak dan keluarganya serta yang hadir dan mukminin dan mukminat, dan kebaikan-kebaikan yang lain, maka sangat bagus.

Anjuran saya sendiri, baca hadits Kisaa' dan tawassul dan doa untuk anak dan yang lain-lainnya itu. Sudah itu makan dan kalau setelah itu ada waktu, maka bisa diskusi keilmuan.







0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.