Friday, December 30, 2016

on Leave a Comment

Sholat tetapi tidak menggunakan tajwid dalam bacaan sholatnya apakah sholatnya sah?

Link : https://web.facebook.com/sinaragama/posts/1102833943163395


Salam ustad,
Ijin bertanya, bagaimana dengan kasus ini,
ada seseorang yang saya kenal.dia telah berkeluarga.tapi dia tidak bisa membaca huruf hija'iah.karena sejak kecil tidak pernah belajar/mungkin pernah belajar tapi ilmunya hilang/lupa lagi,apalagi membaca al-qur'an apalagi dengan ilmu tajwid nya.
Apakah sholat orang seperti dikasus diatas syah sholat nya karena tidak bisa membaca hurup arab juga ilmu tajwid nya?
Jika sholat tanpa tahu hukum bacaan tajwidnya,apa berarti batal sholatnya dan tentu harus diqodo?
Trimksih ustad. Wassalam
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya:

1- Setiap orang wajib membaca fatihah, surat dan dzikir-dzikir wajib yang ada dalam shalat dengan bahasa Arab walaupun tidak mengerti bahasa Arab dan huruf Arab. Karena bisa lewat hafalan atau bacaan Arab yang dilatinkan.

2- Ukuran minimal bacaan adalah tidak keluar dari makhrajnya seukuran tidak merubah maknanya bagi orang Arab yang mendengarnya.

3- Tajuwid dalam shalat itu hukumnya hanya sunnah saja.

4- Dengan keterangan di atas maka dapat dipahami bahwa sekalipun bacaan Arabnya tidak bagus dalam artian tidak pakai tajuwid, akan tetapi sudah benar untuk ukuran pengucapannya hingga kalau didengarkan oleh orang Arab atau yang mengerti Arab, akan mengerti maksudnya dan tidak menjadi maksud lain, maka hal ini sudah cukup dan shalatnya sudah sah.

اهلولبايت مازلوم Alhamdulillah wa syukurillah, segala puja puji hanya milikNya.,lalu bagaimana kasusnya klau membaca al-qur'an tapi tidfak tahu hukum tajwidnya ustad, tapi bisa membaca huruf arab.afwan. Ustad

Sinar Agama Kasusnya kan sudah jelas di atas. Kalau membaca dengan tajuwid itu sunnah, berarti yang melanggarnya tidak dosa dan tidak batal shalatnya.





0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.