Tuesday, December 13, 2016

on Leave a Comment

Akhir2 ini sering terbagun jam 2 malam kemudian tidak bisa tidur lagi, bagaimana mengatasinya?

Link : https://www.facebook.com/sinaragama/posts/1086217628158360

Salam ustad.....
Sy ini sdh 3 bulan lebih slalu terjaga pd jm dua malam.lalu setlahnya ga bs tidur lg sampai pagi.
Baik tdrnya jm 9 at jm 11,ttp aja setiap jm 2 mlm pasti ga bs tidur.
Mohon ustad bs memberikan saran at nasehat..dll
trimksh sblmnya
Suka
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya:

1- Pertama jaga makannya dulu, misalnya (secara relatif):

a- Jangan minum teh atau kopi di malam hari.

b- Kalau merokok sebaiknya tinggalkan.

c- Kalau bisa minum Yakult (satu botol kecil itu saja) tapi perutnya jangan lagi kosong.

d- Kalau antum tinggal di ibu kota atau kota besar, mengganti Yakult bisa Yoghurt mungkin lima sendok makan sudah cukup, tapi bisa lebih.

e- Mungkin ada bagusnya kalau suka pedas, dikurangi kadar pedasnya. Makan saja seukuran mengambil vitamin c nya dan/atau sekedar untuk mengurangi kolesterol. Hal ini bisa dilakukan dengan mengganti cabe rawit dengan cabe keriting.

f- Mungkin juga bagus di malam hari tidak mengkonsumsi makanan yang berbumbu kental dan banyak. Tapi bumbu ini jelas bermanfaat untuk hal-hal lainnya. Tapi karena yang difokus sekarang adalah suka bangun malam, maka pesan (f) ini disebutkan.

g- Fokus saya pada perut dan syaraf. Jadi, makanan apa saja yang bisa membuat keduanya tegang, hindari dulu. Rokok walaupun mengendorkan syarat ketika dihisab, akan tetapi setelah itu ketegangannya akan bertambah kuat. Tentu selain paru-paru akan rusak dan anggota badan lainnya seperti mata dan semacamnya.

h- Teh harus diminum, tapi di pagi atau siang hari. Sebab teh akan menguatkan jantung dan akibatnya akan membenahi syaraf-syaraf yang kurang bagus. Sekurang-kurangnya satu gelas sehari. Tapi supaya lambungnya tidak terefeksampingi, maka hindari minum teh ketika perut kosong terutama di pagi hari setelah bangun pagi.

Teh ini juga kurang bagus diminum sewaktu makan atau setelah makan (kecuali setelah satu jam ke atas). Sebab akan mengurangi zat besi yang ada di makanan kita sementara kita memerlukannya.

i- Minum air yang cukup seperti anjuran dokter/kesehatan.

j- Jangan makan masam ketika perut kosong.

2- Mungkin perlu urut badan secara lengkap. Sebab bisa saja ada urat-urat yang tidak bagus.

3- Jangan terlalu banyak pikiran hingga tegang, yakni tentang dunia. Kecuali kalau berpikiran tentang cinta Tuhan dimana walau sampai tidak enak makan dan tidurpun tidak masalah. Sebab akhirat itu teramat berat dihadapi.

4- Kalau bisa olah raga walau senam ringan supaya peredaran darahnya berjalan lancar.

5- Kurangi khayalan. Apa saja, terutama tentang dunia. Kapan terserang badalah "Laa haula wa laa quwwata illaa billaah".

6- Baca Qur an tiap hari walau 5 ayat dan dengan terjemahannya.

7- Memang kadang bangun malam itu dibanguni malaikat seperti yang ada dalam riwayat. Maksudnya untuk shalat malam. Kalau bisa lakukan shalat malam. Dan setelah itu, tidur kembali. Wassalam.






0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.