Saturday, December 3, 2016

on Leave a Comment

Dimasjid biasanya tangga ke lantai atas ada di belakang. Ketika sholat jamaah, makmum yang dilantai atas menyambung dengan makmum dibelakangnya. seperti di Istiqlal apakah jamaah yang diatas itu menyambung dengan Imam sholat?

Link : https://web.facebook.com/sinaragama/posts/1069137203199736

Salam
Dimasjid biasanya tangga ke lantai atas ada di belakang. Ketika sholat jamaah, makmum yang dilantai atas menyambung dengan makmum dibelakangnya. Makmum yang dibelakangnya memyambung dengan makmum yang di tangga yang kemudian menyambung ke Imam sholat.
Yang ditanyakan, apakah makmum yang di lantai atas itu bisa dikatakan menyambung dengan imam sholat karena makmum tsb hanya menyambung dengan makmum di belakangnya ?
Syukron
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya:

1- Kalau keadaannya seperti yang ditanyakan, maka makmum yang di lantai atas, tidak menyambung dengan makmum yang ada di belakang, yaitu yang di tangga yang berada di belakang.

2- Tapi saya ragu dengan pemahaman antum dalam memahami kebiasaan mesjid. Sebab masjid Istiqlaal, menyambung lewat samping kanan dan kiri dan dari depan, bukan dari belakang. Bisa lihat di link berikut ini:https://www.youtube.com/watch?v=mDVotdQMlKk

Bisa juga lihat di foto berikut ini:

Orlando Banderas Mesjid besar di kawasan industri Pulogadung, Jakarta yang biasa saya sholat karena dekat lokasi kantor saya selama 10 tahun, lantai dan tangganya memang seperti yang saya tulis. Yakni lantai dan tangganya di belakang. Mungkin beda di setiap mesjid.

Daris Asgar Allohumma Sholli 'alaa Muhammad wa Aali Muhammad wa 'Ajjil Farojahum

Daris Asgar Jadi hukumnya apa ustadz, baik dengan kondisi yang dijelaskan akhy Orlando ataupun seperti yang kesamping di Istiqlal ?

Sinar Agama Daris Asgar, kan kalau yang ditanyakan Orlando sudah dijawab yaitu tidak menyambung. Dan yang untuk yang seperti masjid Istiqlal, maka menyambung. Jawaban ini memang tidak tersurat, tapi tersirat, he he..

Daris Asgar na'am ustadz..

0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.