Tuesday, April 24, 2018

on Leave a Comment

Mohon Penjelasan tentang Wujud yang dilihat oleh Nabi Musa Api di sebatang Pohon Lembah yag diberkahi?

"Maka tatkala Musa sampai ke (tempat) api itu, diserulah dia dari (arah) pinggir lembah yang sebelah kanan(nya) pada tempat yang diberkahi, dari sebatang pohon kayu, yaitu: "Ya Musa, sesungguhnya aku adalah Allah, Tuhan semesta alam.(Al Qashash: 30)
Assalamualaikum, yang menjadi pertanyaan saya jika jika eksistensi yang ada pada pohon itu yang berbicara kepada nabi Musa as apakah menggunakan bahasa? terus apa maksudnya bahwa nabi Musa as sudah dapat melihat malakutnya alam semesta dengan peristiwa seperti di ayat diatas?
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya:

1- Sudah tentu terserah Sang Wujudnya. Kalau Dia mau menggunakan gelombang suara yang juga merupakan tajalliNya, maka akan terdengar suara. Kalau tidak, dan kemungkinan tidak, maka tidak pakai suara materi, melaink
an suara barzakhi. 

Kenapa barzakhi sementara Wujud itu non materi? Jawabannya karena terdiri dari beberapa rangkapan kata dalam satu kalimat tersebut. Sementara rankapan kata pada wujud non materi itu hanya ada di Malakuut/barzakh dan maksimalnya di Akal-akhir. Tapi yang di Akal-akhir, tidak berubah-rubah.

2- Malakuut yakni wujud di balik materi. Tapi inipun berderajat. Kalau yang dimaksud dengan di balik materi itu wujud non materi, maka ini yang sebenarnya dikatakan Malakuut, yakni sebab dan batin dari pada wujud materi. 

Tapi kalau yang dimaksudkan adalah Wujud itu sendiri, maka berarti yang dimaksudkan malakuuat adalah Wujud atau Tuhan itu sendiri. 

Akan tetapi, saya yakin yang dimaksudkanNya adalah malakuut, bukan wujud/Dia.
Kelola
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Balas5m
Sumber : https://www.facebook.com/sinaragama/posts/1553078144805637








0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.