Sunday, April 15, 2018

on Leave a Comment

Diantara kitab yg di pelajari di hauzah

Assalamualaikum, ustad pernah mengatakan di catatan Wahdatul Wujud seri pertama bahwa ustad sudah mempelajari kitab Mulla Shadra yang 9 jilid serta Fushushnya Ibnu 'Arabi, Pertanyaan saya adalah apakah disamping sudah menguasai kitab2 diatas apakah ustad juga di hauzah mempelajari kitab Syawahid al-Rububiyyah fi al-Manahij al-Sulukiyyah yang merupakan salah satu masterpiece yang paling terkenal dari Mulla Shadra? Jika iya, kira2 apa isi kitab tsb? maaf jika pertanyaan saya merepotkan ustad.

Suka
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasiih pertanyaannya: Di Hauzah itu ada yang namanya ilmu alat/dasar dan ada yang ranting. Ilmu-ilmu dasar, baik menuju ke Mujtahid atau Filosof dan Irfan, disediakan di Hauzah. Sedang yang lainnya, tidak diajarkan. SEBAB, kalau sudah mempelajari buku dasar tersebut, semua yang ranting-ranting itu, sudah bisa dibaca sendiri. Tapi belajar ilmu ranting, biar pakai guru, tetap tidak akan paham dengan baik, terlebih kalau gurunya belum menyelesaikan buku dasar tersebut. 

Dasar, bukan maksudnya lawanan dari tinggi, tapi lawanan dari ranting. Maksudnya buku ranting itu mudah dipahami kalau sudah belajar semua ilmu dasar tersebut sampai ke tingkat terakhir, dimana kalau Fiqih dan Ushul Fiqih sampai ke tingkat ijtihad, sedang untuk jadi Filosof sampai ke tingkat Asfaar Mullah Shadra, dan untuk jadi Arif lanjut terus ke Tamhid Ibnu Turkah dan Fushuushnya Ibnu 'Arabi.
Kelola


SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Balas3m


Sumber : https://www.facebook.com/sinaragama/posts/1556728871107231



0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.