Sunday, June 4, 2017

on Leave a Comment

Saya mau upah orang Iran untuk sholat qodlo orang tua yg sudah meninggal, saya anak lelaki kedua dan jika ingin mengupah orang Iran berap standarnya disana?

Salam.
Saya mau upah orang Iran untuk sholat qodlo orang tua yg sudah meninggal tapi tidak tahu berapa tahun tidak dikerjakan dan tidak ada wasiat masalah itu.
Pertanyaan :
1. Wajibkah saya, karena ketidak tahuan dan tidak ada wasiat itu ?
2. Berapa rupiah upahnya perbulan untuk sholat upah yang dilakukan orang Iran ? Saya memilih orang Iran karena umumnya lebih paham fikih dari orang Indonesia .
3. Berapa rupiah upah orang untuk puasa qodlo perbulannya untuk orang tua yg meninggal ?
Syukron dan terima kasih atas bantuannya.
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Komentar

Orlando Banderas 4. Menyambung nomor 1, kalau tidak wajib, bolehkah saya mengupah karena rasa kasihan saya karena kemungkinan yg sangat besar dan ibu saya yang bilang bahwa ayah saya tidak mengerjakan sholat dan puasa ?

Info : Saya anak laki kedua
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Balas2 Mei pukul 0:59Telah disunting

Saja Zaenal Salam
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Balas2 Mei pukul 4:42

SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Balas2 Mei pukul 22:38

SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Balas3 Mei pukul 21:30

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya:

1- Kalau antum anak lelaki tertua ketika ayahanda antum meninggal (semoga dirahmati Allah swt), dan antum tahu bahwa beliau ada hutang shalat, maka wajib bagi antum untuk mengqadhaa'nya, baik langsung atau membayar
 orang lain. Kalau tidak tahu jumlahnya, maka cukup dikira-kira saja. 

2- Harga terbaru yang saya pantau lewat balik awan (sekitar setahun yang lalu), untuk setahun shalat adalah 12,000,000 Rial. Ke Rupiah sekitar sepertiganya. 1$/Rp13,465 --- 1$/37,000 Rial. 

3- Untuk puasa sebulan saya sudah lupa, seperti 8,000,000 Rial.

4- Antum yang jelas tidak wajib sama sekali kalau anak ke dua dari lelaki yang ada (yakni antum punya kakak lelaki). Tapi sangat boleh mengqadhaa'kan orang tua, sangat boleh, dan sangat bagus serta sangat berpahala. Semoga saya juga kepercikan pahalanya, amin.
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Balas
1
4 Mei pukul 12:31Telah disunting

Orlando Banderas Syukron Ustadz. Jazakallah khoiron katsiro.
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Balas5 Mei pukul 23:36




Sumber : https://www.facebook.com/sinaragama/posts/1249346745178780






0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.