Sunday, June 4, 2017

on Leave a Comment

Jika terjadi kelebihan bayar khumus karena salah perhitungan apakah bisa kelebihan khumus tersebut untuk menutupi kekurangan khumus periode sebelumnya?

Salam.
Karena khawatir perhitungan khumus yang kurang atau salah perhitungan, seseorang membayar khumus lebih. Misalkan secara perhitungan Tuhan itu khumusnya lebih, apakah Allah akan menghitung kelebihan khumus itu untuk menutupi kekurangan khumus orang tersebut di waktu yang lain ? Seperti th 2017 dia khumusnya lebih, tapi di tahun 2016 khumusnya kurang. Apakah kekurangan khumus di th 2016 itu, Allah akan menutupinya dari tahun 2017 karena salah/kurang perhitungan orang tsb sekalipun orang tsb sdh berusaha menghitung dengan benar dan bahkan melebihkannya ?
Syukron.
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya: Kalau dalam tiap tahunnya sudah dihitung secara hati-hati dan sudah diyakini benar sesuai dengan hukum fiqih, maka kekurangannya insyaaAllah akan dimaafkan dan kelebihannya, bisa saja akan dijadikan penutup bagi kekurangan yang tidak sengaja sebelumnya (tentu kalau diniatkan untuk untuk itu, yakni berniat kalau lebih maka untuk kekurangan yang tidak sengaja sebelumnya) atau bahkan diberikan pahala lain sebagai tambahan.
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Balas
1
4 Mei pukul 12:52

Orlando Banderas Syukron Ustadz. Jazakallah khoiron katsiro.
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Balas6 Mei pukul 0:02



Sumber : https://www.facebook.com/sinaragama/posts/1249404591839662






0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.