Sunday, June 4, 2017

on Leave a Comment

Apakah tikus besar najis?

Salam.
Di diskusi saya sebelumnya dengan ustadz yg menanyakan apakah tikus termasuk binatang najis karena Imam Khomeini berfatwa najis dan Ustadz menjawab najis karena tikus di Indonesia ukurannya jauh lebih besar dari tikus di Iran.
Pertanyaannya :
Bagaimana mensucikan najis karena digigit tikus ? Apakah sama halnya mensucikan najis dari jilatan anjing/babi yg sama2 binatang najis ?
Syukron.
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya: Tikus tidak najis. Dimana saya pernah berkata bahwa tikus itu najis? Dan di mana ada fatwa Imam Khumaini ra tentang najisnya tikus?
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Balas4 Mei pukul 12:49Telah disunting

Orlando Banderas Ini cara mensucikan najis tikus besar yang disamakan dengan najis karena moncong babi. Sumber : Buku Fikih Praktis Syiah Penerjemah Hasan A.A., penerbit AlMuntadzar.
Tentang tanya jawabnya, saya cari dulu. Afwan.
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Balas4 Mei pukul 13:13

Orlando Banderas Afwan Ustadz, sepertinya saya salah.
Mungkin yang saya tanyakan di pertanyaan dulu, apakah mensucikan najis bangkai tikus di Rahbar sama seperti di fatwa Imam, jadi bukan nanya apakah tikus najis/tidak di Rahbar seperti fatwa Imam.
Ustadz bisa delete pertanyaan saya kalau diperlukan. Afwan.
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Balas5 Mei pukul 7:18

Sinar Agama Orlando Banderas, ha ha ha ,,,,apakah bangkai tikus besar bisa mengigit hingga antum tanyakan bagaimana mensucikan bekas gigitannya? Tolong jangan asnul.
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Balas6 Mei pukul 9:17

Orlando Banderas He..he..iya Ustadz. Karena awalnya saya berpikir tikus itu najis. Ternyata memang bangkainya yg najis. Tidak ada problem tentang itu. Karena memang bangkai hewan yg nafsu sailah memang bangkainya najis. Cuma memang bangkai tikus ada pensucian khusus. Tidak sama dg bangkai lain. Saya tanyakan ini karena saya belum lama digigit tikus di 4 titik, karena ada tikus di rumah. He..he..
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Balas6 Mei pukul 9:33

Sinar Agama Orlando Banderas, wah kalau sudah mulai menyerang seperti itu, sudah waktunya antum usir dan buru. Berbahaya kalau keluarga dan anak-anak antum yang digigit.
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Balas7 Mei pukul 9:35

Orlando Banderas Iya, Ustadz. Itu digigit tikus dalam rangka mengusir tikus. Syukron Ustadz perhatiannya.
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Balas8 Mei pukul 7:02


Sumber : https://www.facebook.com/sinaragama/posts/1249374715175983




0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.