Monday, February 29, 2016

on Leave a Comment

Tafsir surat Albaqoro Ayat 62 dan Ali Imran ayat 19 apakah bertentangan


Link : https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=866711746775617&id=207119789401486

salam ustad,
\saya ingin bertanya tentang tafsir al quran surat al baqarah ayat 62 dengan surat ali imran ayat 19>kalau dilihat secara zahir kedua ayat nya bertentangan
mohon limpahan ilmunya trimakasih wsalam
Suka
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih ilmunya: Saya sudah pernah menjelaskan sebelumnya tentang hal tersebut. Ringkasnya sebagai berikut:

a- Orang taqwa dari yang beragama dengan agama langit sebelum Islam, akan diterima Allah. Tentu yang belum ada penyelewengannya. Mana ada mensyirikkan Tuhan tanpa dalil bisa diterima?

Nah, jiwa dari ayat 62 surat al-Baqarah itu seperti itu. Yakni siapa saja yang beriman dengan agama Allah dan bertaqwa, baik dia beragama Islam atau agama sebelum Islam tapi yang masih murni, maka akan diterimaNya dan dijamin pahalanya.

Ayat ini ingin memberi penjelasan bahwa tidak ada yang dilebihkan hingga perlu dibanggakan oleh masing-masing pengikutnya dan melebihkan dari agama lainnya yang sama-sama datang dari Allah. Iman dan taqwa, adalah kunci keridhaan Allah. Apalagi ikut agama yang sama-sama diturunkanNya.

b- Sedang jiwa dari ayat 16 surat Aali "Imraan itu adalah penolakan semua agama selain Islam setelah datangnya Islam dan apalagi setelah adanya penyelewengan terhadap agama-agama sebelum Islam hingga telah dicampuri kemusyikan dan kesesatan seperti meyakini bahwa Tuhan punya anak dan/atau menghalalkan apa-apa yang diharamkan atau sebaliknya.

0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.