Sunday, February 28, 2016

on Leave a Comment

Apakah dianggap bersisik ikan yang sisiknya bisa dilihat meski dengan mikroskop


Link : https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=864273743686084&id=207119789401486

Salam. Ustadz melanjuti tentang sisik ikan.
Sebelumnya Ustadz mengatakan bahwa kalau ada marja yang membolehkan sisik ikan yang hanya bisa dilihat dengan mikroskop maka baru nisa dikategorikan ikan bersisik.
Berikut tanya jawab saya dengan seorang Ustadz AB :
Saya : Ustadz, afwan mau tanya. Adakah fatwa Rahbar bhw ikan yang sisiknya hanya bisa dilihat mikroskop digolongkan ikan bersisik ? Tolong tukilkan fatwa Rahbar nya ? Jazakallah.
Jawab : Dlm mengidentifikasi kepemilikan sisik thd ikan:
Di dlm menentukan apakah ikan tertentu memiliki sisik atau tdk, maka cukup dgn pemeriksaan seseorang (mukalaf). Jika dlm hal tsb dianggap meragukan, maka sebaiknya bertanya kpd para ahli spesialis dlm bidang tsb. Namun jika seseorang yg ahli dlm mengenali ikan membenarkan bahwa fulan ikan memiliki sisik, maka pendapatnya bagi kita merupakan hujah dan kita bisa mengkonsumsi ikan tsb.
Rahbar mengatakan: Taskhis (pengidentifikasian dan penentuan: pnj) kepemilikan sisik diserahkan kpd mukalaf. Dan mempercayai pendapat ahli spesialis dibidangnya juga telah mencukupi.
(مقام معظم رهبری: تشخیص فلس‌(پولک)دار بودن با خود مكلّف است. و اطمینان از گفته كارشناس نیز كفایت مى‌كند).
Sisik ikan yg tdk terlihat oleh mata telanjang, jika ahli spesialis yg berkaitan dgn keberadaan sisik diatas kulit ikan tsb membenarkan, maka juga dihukumi dgn kehalalan dari ikan tsb.
(در مواردی هم که پولک ماهی به چشم دیده نمی شود؛ اگر کارشناس مربوطه وجود پولک بر روی پوست آن ماهی را تایید کند؛ باز هم حکم به حلال بوده آن ماهی می شود).
Soal: Apa hukumnya jika satu jenis ikan mnrt para ahli spesialis memiliki sisik, namun sisik2 tsb bersifat mikroskop (hanya bs dilihat melalui mikroskop, pnj) & dgn mata tanpa alat bantu tdk bs terlihat? Apakah utk kehalalannya ikan tsb telah cukup atau tdk?
(سوال از مقام معظم رهبری: نوعى ماهى كه به نظر متخصّصین فلس دارد ولى فلسهاى آن میكروسكوپى است و با چشم غیر مسلح دیده نمى‌‌شود چه حكمى دارد؟ و آیا براى حلیّت ماهى كافى است یا نه؟).
Jwb: Dengan gambaran soal diatas, maka dihukumi halal.
(جواب: در فرض سؤال حكم به حلیّت مى‌شود).
Bagaimana komentar Ustadz tentang tanya jawab di atas?
Jazakallah.
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya: Terserah kepada yang antum yakini.

Orlando Banderas Syukron Ustadz

Sinar Agama Coba ditanyakan diambil dari kitab apa? Sebab di kitabku belum ada. Mungkin kitab yang belum ana punya.

Orlando Banderas Ok, Ustadz, akan saya tanyakan. Sebetulnya tanya jawab itu secara gak sengaja. Teman di group WA bertanya hal itu dan Ustadz itu bilang sisik yg hanya bisa dilihat dengan mikroskop bisa dikatakan bersisik, kemudian saya tanyakan adakah dalilnya? Nah, diatas itu katanya.

Sinar Agama Kalau ada kitabnya bagus, kita bisa yakin seratus persen, hingga tidak perlu melihat adil tidaknya atau muthmain tidaknya.

0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.