Tuesday, February 13, 2018

on Leave a Comment

FADHILAH SURAT YASIN




Salam.
Mohn penjelasan fadhilah surat Yasiin dan anjuran kapan saja membacanya?
Trims ust Sinar Agama
Top of Form

Komentar
Description: Muhammad Rizal
Description: Besse Tanra Wajo
Description: Sinar Agama
Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya: Fadhilah dan bacaan surat Yaasiin sesuai dengan hadits-hadits yang ada banyak sekali, seperti:

1- Disebut sebagai Jantung Qur an karena pentingnya dari kandungan dan isinya. 

2- Siapa yang membacanya di siang hari sebelum sore/petang, maka di siang itu dia termasuk orang yang terjaga dan diberi rejeki sampai petang. 

3- Siapa yang membacanya di malam hari sebelum tidur, maka Allah memberinya seribu malaikat untuk mewakiliNya melindungi dari gangguan syaithan yang terkutuk dan menjaganya dari segala bala. Dan kalau mati dalam tidurnya itu, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga dan mendatangkan tiga puluh ribu malaikat pada waktu pemandiannya dengan memintakan ampunan untuknya dan mengiringnya ke kuburan sambil memintakan ampunan untuknya. Dan ketika sudah masuk ke liang lahad, maka para malaikat itu beribadah kepada Allah dan memberikan pahalanya untuknya, ....dan seterusnya walhasil sampai kelak di akhirat dia tergolong orang yang berderajat tinggi sekali dan masuk surga.

4- Surat Yaasiin dalam kitab Taurat disebut sebagai al-Mu'ammah (peliputan), yaitu meliputi pembacanya dengan kebaikan dunia-akhirat. 

5- Yang membaca surat Yaasiin karena Allah, maka Allah akan mengampuni dosanya dan memberinya pahala mengkhatamkan Qur an dua belas kali. 

6- Dan kalau dibacakan pada orang sakit (yang akan meninggal), maka akan turun padanya malaikat sebanyak sepuluh malaikat pada setiap hurufnya yang berdiri di dekatnya dengan berbaris dan memintakan ampunan untuknya.

7- Kalau dibacakan pada orang sudah sekaratulamaut, maka datanglah malaikat penjaga surga yaitu malaikat Ridhwaan dengan membawa minuman surga dan meminumkan kepadanya hingga ia mati dalam keadaan meminumnya dan dengan tenang.

8- Yang membaca surat Yaasiin, dilindungi dari segala keburukan dan terkabul hajat.

9- Yang membacanya mendapat pahala dua puluh kali haji. Yang mendengarnya diberi pahala sebesar pahala menginfakkan hartanya di jalan Allah sebanyak seribu kepeng emas. 

10- Yang menuliskannya lalu meminumnya (ditulis di kertas dan dicelupkan ke air atau tempat airnya yang ditulisi surat Yaasiin), maka telah masuk ke dalam tenggorokannya seribu obat, seribu cayaha, seribu yaqin, seribu barakah, seribu rahmat, dan diangkat darinya segala penyakit dan sakit yang menyusahkan.

11- Barang siapa memasuki pekuburan lalu membaca surat Yaasiin, maka pada hari itu ahli kubur mendapatkan keringanan dan si pembaca diberi kebaikan sebanyak orang yang dikuburkan di pekuburan tersebut.

12- Catatan: Fadhilah-fadhilah itu dapat digapai kalau seseorang dalam membacanya itu dengan perenungan terhadap maknanya dan berusaha semaksimal mungkin untuk mengamalkannya. Wassalam.




0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.