Wednesday, December 6, 2017

on Leave a Comment

Sy paham dgn maksud ada 12 imam Namun pertanyaan sy, bagaimana cara syiah memasukan tokoh2 tersebut atau berpendapat tokoh2 tersebut adalah imam?


Salam ustad
Sy paham dgn maksud ada 12 imam
Namun pertanyaan sy, bagaimana cara syiah memasukan tokoh2 tersebut atau berpendapat tokoh2 tersebut adalah imam?
Misalnya imam ja'far adalah imam ke lima
Imam ini adalah imam ke sekian
Imam ini adalah imam ke sekian
Imam ini adalah yg ke sekian
Dst...
Jadi bagaimana cara syiah menentukan bahwa beliau2 adalah sang imam?
Sedangkan syiah sendiri punya perbedaan dalam menentukan imam
Misalnya zaydiyah dan isma'iliyah yg jelas imam imam mereka yg mereka tentukan/masukan ke daftar imam tentu berbeda dgn para imam imam mazhab ja'fari
Mohon jawabannya ustad
Terimah kasih
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya: Sepertinya sudah dijawab tempo hari. Tidak ada yang layak dan bisa menentukan siapa imam-imam 12 itu kecuali Allah swt melalui Rasulnya saww. Karena itulah maka diberi syarat makshum dan semacamnya. Mereka disebut Ahlulbait as di Qur an. Dalam hadits-hadits yang banyak sekali di Sunni, imam itu hanya 12 orang seperti di shahih Bukhari dan Muslim. Nama-nama mereka juga ada di hadits-hadits Sunni, seperti di kitab hadits Jaami'u al-Mawaddah.

Kalau nama-nama mereka as tidak disebutkan oleh Allah swt melalui NabiNya saww, lalu bagaimana umat bisa menemukan mereka. Emangnya umat muslim bisa tahu siapa yang makshum lahir batinnya, yang ilmunya lengkap dan benar seratus persen dan diamalkan secara lahir batin secara seratus persen pula. 

Jadi, nama-nama mereka itu sudah disebutkan Allah swt, melalui Nabi saww di berbagai hadits Syi'ah atau Sunni. Karena itu, yang memilih selain mereka, tidak bisa dikatakan sebagai kebenaran.



Sumber : https://www.facebook.com/sinaragama/posts/1437326009714185




0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.